Al Irtibath Baina Thariqah al Bi'ah al Lughawiyah li Tarqiyah Maharah al Kalam Laday al Thalibat bi Ma'had Nahdhatul Ulama Banat Kudus al Sanah al Dirasiyah 2020/2021

Nadhofah, Fitrotun (2020) Al Irtibath Baina Thariqah al Bi'ah al Lughawiyah li Tarqiyah Maharah al Kalam Laday al Thalibat bi Ma'had Nahdhatul Ulama Banat Kudus al Sanah al Dirasiyah 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (500kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (402kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (463kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (413kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (622kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (330kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (724kB)

Abstract

Bahasa adalah sebuah sistem dan bersifat arbitrer. Bi’ah Lughawiyyah adalah sebagai wadah beraktivitas lingkungan berbahasa dengan menggunakan bahasa Arab. Bi’ah Lughawiyyah menjadikan suatu individu lebih terampil dan aktif dalam berkomunikasi. Dengan adanya pembelajaran metode bi’ah lughowiyah siswa dapat menjawab dengan lebih efektif eksistensi kecakapan dalam berbahasa Arab secara internal dan eksternal. Metode Bi’ah Lughowiyah adalah jenis metode untuk mengajarkan keterampilan bahasa aktif untuk rencana masa depan ahli bahasa. Penggunaan Metode Bi’ah Lughowiyah disini dapat lebih memahamkan ekspresi siswa pada keterampilan membaca bahasa Arab di kelas. Keterampilan kalam kemampuan mengenali isi bahasa dan mufrodat untuk melafalkan bahasa arab, yakni ketrampilan terpenting dari bahasa Arab. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dikarenakan data penelitian berdasarkan angka dan analisis dari statistik dengan jenis penelitian korelasi. Adapun populasi penelitian adalah siswi di pondok pesantren NU Banat. Sedangkan instrumen pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, angket, dan soal. Tujuan dalam penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui penerapan pembelajaran bahasa Arab pada keterampilan berbicara siswi dengan menggunakan metode bi’ah lughowiyah, kedua untuk mengetahui strategi metode bi’ah lughowiyah dalam pembelajaran bahasa Arab pada keterampilan kalam siswi, dan ketiga untuk mengetahui sejauh mana hubungan metode bi’ah lughowiyah untuk meningkatkan ketrampilan kalam bahasa Arab di pondok pesantren NU Banat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hubungan antara metode Bi’ah Lughowiyah untuk meningkatkan ketrampilan kalam bahasa Arab di pondok pesantren NU Banat dapat dikategorikan berdasarkan pada nilai rata-rata angket sebesar 56,652 yang masuk dalam interval 53-60 berkategori cukup baik. (2) Ketrampilan kalam siswi di pondok pesantren NU Banat dapat dikategorikan baik berdasarkan pada nilai rata-rata hasil angket sebesar 78,22 yang masuk dalam interval 71-80 berkategori cukup baik. (3) Hasil uji hipotesis hubungan antara metode Bi’ah Lughowiyah dan ketrampilan berbicara bahwa keduanya memiliki hubungan yang positif. Hal ini dibuktikan hasil angket yang diperoleh dengan nilai Fh sebesar 18,065 lebih besar dari Ft tabel pada taraf kesalahan 5% = 3,05 maupun pada taraf kesalahan 1% = 4,74, jadi Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti ada hubungan antara metode Bi’ah Lughowiyah untuk meningkatkan ketrampilan kalam bahasa Arab di pondok pesantren NU Banat Kudus. Sedangkan hasil perhitungan diperoleh besarnya koefisien determinasi (R) sebesar 0,319 atau 1,02 dari hasil angket dan tes. Dapat disimpulkan Hubungan antara metode Bi’ah Lughowiyah untuk meningkatkan ketrampilan kalam bahasa Arab di pondok pesantren NU Banat Kudus sebesar 10,20271% termasuk kategori yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hubungan; Metode Bi’ah Lughowiyah; Keterampilan Kalam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Bahasa > Studi dan Pengajaran Bahasa
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Jul 2021 08:47
Last Modified: 06 Jul 2021 08:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4726

Actions (login required)

View Item View Item