Fa'aliyah Istikhdam YOUTUBE fi Ta'lim al Lughah al Arabiyah li Tarqiyah Maharah al Kalam Laday al Thullab fi al Fashl al Hadi 'Asyara bi al Madrasah al Tsanawiyah al Islamiyah al Hukumiyah al Ula Pati li al Sanah al Dirasiyah 2020/2021 M

Alkayisy, Muhammad Ilyas (2021) Fa'aliyah Istikhdam YOUTUBE fi Ta'lim al Lughah al Arabiyah li Tarqiyah Maharah al Kalam Laday al Thullab fi al Fashl al Hadi 'Asyara bi al Madrasah al Tsanawiyah al Islamiyah al Hukumiyah al Ula Pati li al Sanah al Dirasiyah 2020/2021 M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (870kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (416kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (423kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (609kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (550kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (731kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (420kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbicara (kalam) siswa sebelum pembelajaran bahasa Arab di kelas XI MAN 1 Pati Tahun Ajaran 2020/2021 dan untuk mengetahui kemampuan berbicara (kalam) siswa sesudah pembelajaran bahasa Arab di kelas XI MAN 1 Pati Tahun Ajaran 2020/2021 dan untuk mengetahui keefektivitasan penggunaan YOUTUBE dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara (kalam) siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment Design. Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan Paired Sample T-Test . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan berbicara (kalam) siswa sebelum pembelajaran bisa diketahui dari hasil nilai preTest . Di kelas kontrol, nilai preTest tertinggi yaitu 88 dan rata-rata adalah 66,77 ini berarti bahwa kemampuan siswa terbilang “lemah”, di kelas eksperimen, nilai preTest tertinggi 84 dan rata-rata adalah 65,27 ini berarti bahwa kemampuan siswa juga terbilang “lemah”. (2) Kemampuan berbicara (kalam) siswa sesudah pembelajaran bisa diketahui dari hasil nilai posTest . Di kelas kontrol, nilai posTest tertinggi 96 dan rata-rata adalah 76,82 ini berarti bahwa kemampuan siswa terbilang “cukup”, dan di kelas eksperimen, nilai postest tertinggi 96 dan rata-rata adalah 82,85 ini berarti bahwa kemampuan siswa terbilang “baik”. (3) Kemampuan kalam kelas eksperimen meningkat dan lebih besar daripada kelas kontrol bisa dilihat dari naiknya nilai rata-rata yang mulanya 65,27 meningkat menjadi 82,85. Adapun hasil uji T menunjukkan bahwa t hitung 25,189 dengan t tabel 2,022 maka t hitung > t tabel (25,189 > 2,022). Jadi, pembelajaran bahasa Arab menggunakan YOUTUBE efektif untuk meningkatkan kemampuan kalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Youtube; Pembelajaran Bahasa Arab; Keterampilan Berbicara
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Jul 2021 03:15
Last Modified: 07 Jul 2021 03:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4730

Actions (login required)

View Item View Item