fa’aaliyah istikhdam astiratijiyat PREP Technique fii ta’lim al lughah al ’arabiyah litarqiyah maharah al qira'ah ladaay al tulaab fii al fashl al hadi ‘ashar bimadrasah al thanawiyah nahdhatul’ulama' "alhidayah" getasrabi gebog kudus sanah al dirasiyah 2018/2019M

Sari, Vida Kartika (2019) fa’aaliyah istikhdam astiratijiyat PREP Technique fii ta’lim al lughah al ’arabiyah litarqiyah maharah al qira'ah ladaay al tulaab fii al fashl al hadi ‘ashar bimadrasah al thanawiyah nahdhatul’ulama' "alhidayah" getasrabi gebog kudus sanah al dirasiyah 2018/2019M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (747kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (11MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (915kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (770kB)

Abstract

Madrasah Aliyah NU Al-Hidayah adalah salah satu madrasah yang mengajarkan bahasa Arab. Peneliti mengetahui bahwa pembelajaran bahasa Arab disana, khususnya belajar membaca, belum mencapai tingkat yang diharapkan karena penggunaan strategi pembelajaran yang tidak sesuai dengan tujuan-tujuan pembelajaran, yang mana tujuan belajar membaca adalah memahami isi dari teks. Hal inilah yang membuat siswa-siswi kesulitan dalam belajar membaca. Salah satu strategi yang bagus untuk belajar membaca menurut peneliti adalah PREP Technique.Teknik ini dapat membantu siswa mengaktifkan pengetahuan yang telah dimiliki siswa sebagai titik awal dapat memahami bacaan dengan baik. Peneliti melakukan penelitian bermaksud untuk mengetahui keterampialan membaca siswa kelas XI MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus sebelum menggunakan PREP Technique dan sesudahnya dengan membandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pendektan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif eksperimen. Penelitian eksperimen sangat penting sebagai metode yang dibuat untuk mengetahui hasil dari kenyataan sebab dan akibat. Pengumpulan data dilakukan dengan observsi, dokumentasi dan tes. Dari penelitian ini, diperoleh hasil hitung nilai dari kelas kontrol, thitung =6,95 dan dari kelas eksperimen, thitung =6,15 . Dan hasil ini lebih besar dari 2,422 (taraf signifikansi 5%) dan lebihbesar dari 1,682 (taraf signifikansi 1%) hasil ini menunjukkan "thitung>ttabel". Penelitian ini juga menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa yang menggunakan strategi PREP Technique lebih tinggi dibanding siswa yang tidak menggunakan strategi PREP Technique. Dengan demikian, membuktikan bahwa penggunaan strategi PREP Technique sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi PREP Technique, Kemapuan membaca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:11
Last Modified: 14 Oct 2021 04:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5418

Actions (login required)

View Item View Item