Taqwim al kitaab al madrasii min al jihat al lughawiyah wa al tarbawiyah fii madrasah al salam al tsaanawiyah al islamiyah bi Bangilan Tuban hasab ta’lim al lughah al ‘arabiyah lighayr al nathiqin bi al ‘arabiyah al sanah al dirasiyah 2017/2019

Hasanah, Nidaul (2019) Taqwim al kitaab al madrasii min al jihat al lughawiyah wa al tarbawiyah fii madrasah al salam al tsaanawiyah al islamiyah bi Bangilan Tuban hasab ta’lim al lughah al ‘arabiyah lighayr al nathiqin bi al ‘arabiyah al sanah al dirasiyah 2017/2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1 COVER-kata pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 abstrak.pdf

Download (639kB)
[img] Text
3 daftar isi.pdf

Download (751kB)
[img] Text
4 bab i.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 bab ii.pdf

Download (6MB)
[img] Text
6 bab iii.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 bab iv.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 bab v.pdf

Download (512kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (649kB)

Abstract

Buku Ajar merupakan salah satu elemen yang penting dalam pembelajaran disekolahan. Untuk memenuhi tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran bahasa Arab tentunya diperlukan buku Ajar yang layak dan baik untuk digunakan sebagai bahan Ajar pembelajaran. Dan dalam memilih atau menentukan buku Ajar bahasa Arab yang akan digunakan untuk mengajar hendaknya memperhatikan asas-asas cara penyusunan isi buku Ajar tersebut dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara materi pokok pada kitab Muthola’ah Alhaditsah karya K.H Mahmud Yunus dengan aspek kebahasaan dan aspek pendidikan dalam penyusunan buku Ajar bahasa Arab. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada semua pihak yang bersangkutan dalam pembelajaran bahasa Arab umumnya juga kepada seluruh guru yang memakai buku Muthola’ah Alhaditsah sebagai buku pedoman Ajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berupa penilaian literarture atau bisa disebut dengan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode tela’ah dokumen untuk pengumpulan bahan, sedangkan analisis datanya berupa content analisis. Teknik analisis data dilakukan dengan menyesuaikan antara cara penyusunan buku Ajar bahasa Arab dengan cara penyusunan buku Ajar bahasa Arab yang ada pada objek sasaran yang ditelti yaitu kitab muthola’ah Alhaditsah juz 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penyajian materi-materi yang ada dalam kitab Muthola’ah Alhaditsah juz 1 perlu diperbaiki. Seperti materi bacaan, susunan kalimat, latihan-latihan dan kosa kata. Pada materi bacaan dan susunan kalimat bahasa Arab dalam kitab muthola’ah Alhaditsah sudah cukup baik namun masih ada beberapa yang perlu diperbaiki. Latihan-latihan dalam kitab ini tidak disajikan untuk digunakan mengevaluasi hasil belajar pembelajar. Sedangkan kosa kata dalam kitab ini hanya disajikan dengan jumlah sedikit dan ini kurang dari jumlah target penyajian kosa kata untuk pembelajar. Menurut aspek kebahasaan, bahasa yang digunakan dalam kitab ini adalah bahasa Arab fusha. Akan tetapi masih perlu adanya perbaikan dari tiga unsur bahasa dalam penyajian kitab ini. Adapun menurut aspek pendidikan dalam penyajian materi tidak tersusun secara berurutan, materi juga masih banyak loncatan-loncatan dalam peletakannya. Materi tidak disajikan dari yang mudah menuju yang sulit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar, Aspek kebahasaan, Aspek Pendidikan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:01
Last Modified: 18 Oct 2021 04:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5469

Actions (login required)

View Item View Item