Yanti, Yanti (2021) Fa'aliyah Thoriqoh al-Ihaiyah (Sugestopedia) Litarqiyah Maharah al-Istima'i fi Ta'lim al-Lughoh al-'Arabiyah Lada at-Thulab al-Fashl al-tsamin fi al-Madrasah al-Mutawassithoh al-Islamiyah Nahdlatul Ulama' Hasyim Asy'ari 03 bi Kudus Sanah Ad-dirosiyah 2020/2021 Miladiyah. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (985kB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (724kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (423kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (557kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (713kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (818kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (928kB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (369kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (904kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui peningkatan maharah istima’ dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa melalui Metode Sugestopedia dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) di MTs. NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus. 2). Untuk mengetahui efektiv atau tidaknya Peningkatan Maharah Istima’ dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa yang menerima Metode Sugestopedia dengan siswa yang menerima pembelajaran konvensional di MTs. NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan tes yang diujikan pada responden dengan sample sebanyak 50 siswa. Pengambilan sample menggunakan dua kelas, yaitu kelas Vlll D sebagai kelas eksperimen dan kelas Vlll E sebagai kelas kontrol. Analisis Instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Dan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data yang diperoleh, 1) peningkatan maharah istima’ dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Sugestopedia terhadap ketuntasan belajar berdasarkan data pretest <70, sedangkan berdasarkan posttest telah mencapai >70 . 2) Berdasarkan uji Test, diketahui bahwa nilai (Sig) <0,05 yaitu yaitu 0,001<0,05. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan pada peningkatan maharah istima’ dalam pembelajaran Bahasa Arab akhir (posttest) kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan. Terdapat peningkatan skor maharah istima’ siswa pada kelas eksperimen sebesar 78,96, dan terdapat skor pada kelas kontrol sebesar 71,47
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Sugestopedia, Maharah Istima’ |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 02:20 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 02:20 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5710 |
Actions (login required)
View Item |