Fa'aliyah thoriqoh at-ta'lim al-qoim 'ala ad-dimaghi ( brain based learning) fii ta'lim maharoh al-qiroah laday talamidz al-fashl al-'asyir bi madrasah assalam as-tsanawiyah al-islamiyyah qudus as-sanah ad-dirosiyyah 2020/2021 M

Jaelani, Farid (2021) Fa'aliyah thoriqoh at-ta'lim al-qoim 'ala ad-dimaghi ( brain based learning) fii ta'lim maharoh al-qiroah laday talamidz al-fashl al-'asyir bi madrasah assalam as-tsanawiyah al-islamiyyah qudus as-sanah ad-dirosiyyah 2020/2021 M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (793kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (689kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (481kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (691kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (793kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (773kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (822kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (458kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (742kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa sebelum pembelajaran bahasa arab di kelas X MA Assalam Kudus tahun pelajaran 2020/2021 dan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa sesudah pembelajaran bahasa arab di kelas X MA Assalam Kudus tahun pelajaran 2020/ 2021. Selain itu juga, untuk mengetahui keefektifan serta besarannya dalam menggunakan metode Brain Based Learning terhadap pembelajaran keterampilan membaca siswa kelas X MA Assalam Kudus tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan quasi experiment desain. Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan wawancara. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling, selanjutnya analisis data dilakukan dengan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan membaca siswa sebelum pembelajaran bisa diketahui dari hasil nilai pretest. Di kelas kontrol, pretest nilai rata-ratanya 59,3 hal ini diperoleh dari total nilai tersebut adalah 1780 dengan jumlah siswa 30, ini berarti kemampuan siswa terbilang lemah. Di kelas eksperimen, pretest nilai rata-ratanya adalah 43,9 hal ini diperoleh dari total nilai tersebut 1318 dengan jumlah siswa 30, ini berarti kemampuan siswa juga terbilang lemah. (2) kemampuan membaca siswa sesudah pembelajaran bisa diketahui dari hasil nilai postest. Di kelas kontrol, postest nilai rata-ratanya 72,3, hal ini diperoleh dari total nilai tersebut adalah 2169 dengan jumlah siswa 30, ini berarti kemampuan siswa terbilang cukup. Di kelas eksperimen, postest nilai rata-ratanya adalah 79,7, hal ini diperoleh dari total nilai tersebut adalah 2392 dengan jumlah siswa 30, ini berarti bahwa kemampuan siswa juga terbilang cukup. (3) kemampuan membaca kelas eksperimen meningkat dari pada kelas kontrol bisa dilihat dari naiknya nilai rata-rata yang mulanya 72,3 meningkat menjadi 79,7. Selain itu, juga bisa dilihat tingkat keefektifanya sebesar 61,4 % yang diperoleh dari uji N-Gain . Adapun hasil uji t menunjukkan bahwa t hitung sebesar 3, 175 dengan t tabel 2,048 maka t hitung > t tabel (3, 175> 2,048). Dengan diperoleh t hitung lebih besar dengan t tabel maka hipotesis penelitian ini diterima ( efektif). Jadi, pembelajaran keterampilan membaca menggunakan metode Brain Based Learning efektif dengan kategori cukup efektif. Adapun keefektifanya sebesar 61, 4%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Brain Based Learning, Pembelajaran Bahasa Arab, Keterampilan Membaca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:14
Last Modified: 15 Nov 2021 03:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5844

Actions (login required)

View Item View Item