Mauludin, Fatah (2021) Tahlil al-Akhtho' Al-Lughowiyah fii Maddah al-Insya' Laday Thullab Bimadrosah Darul Ulum As-tsanawiyah Al-Islamiyah Purwogondo Kalinyamatan Jepara Lissanati Addirosah 2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (410kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (410kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (321kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (434kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (654kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (471kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (617kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (324kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) |
Abstract
Analisis kesalahan bahasa adalah sebuah proses yang bertujuan untuk mengetahui, mengklatifikasikan dan menafsirkan kesalahan pembelajar dalam mempelajari bahasa asing sebagai bahasa kedua. Kesalahan berbahasa dapat terjadi pada setiap tingkatan kebahasaan seperti kemampuan menulis Insya’. Dalam prakteknya banyak dari siswa yang mengalami kesalahan dalam kebahasaan seperti kesalahan sintaksis dan morfologi. Oleh karena itu peneliti ingin menjabarkan dan menganalisis bentuk-bentuk kesalahan bahasa dalam tulisan insya’ siswa MA Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk-bentuk kesalahan bahasa dalam tulisan insya’ dalam tulisan insya’ siswa MA Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualirarif,evaluatif dan pengumpulan datanya dilakukan dengan analisis dokumentasi dan wawancara.sumber datanya adalah tulisan siswa MA Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara dan guru bahasa arab terkhusus pelatih halaqoh bahasa arab. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa pada hasil insya’ milik siswa MA Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara dalam tataran sintaksis dan morfologi. Kesalahan sintaksis meliputi kesalahan hukum marfu’at, manshubat, majrurot, majzumat, mubtada’ khobar, shifat maushuf dan kesalahan idhofah. Adapun kesalahan morfologi meliputi kesalahan pada wazan fi’Il-fi’il. Solusi para pengajar untuk memperbaiki kesalahan kebahasaan pada hasil insya’ siswa MA Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara yaitu pengajar memperhatikan dengan memperbaiki tulisan insya’ siswa, menggunakan seni mengajar dengan merode yang bervariatif, memperhatikan dengan penguatan pemahaman gramatikal bahasa arab secara komprehensif dalam penulisan karya insya’, menerapkan hafalan mufrodat (kosa kata bahasa arab) dan qramatikal arab sebagai progam mingguan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan Bahasa, Insya’ |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 02:12 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 02:12 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5866 |
Actions (login required)
View Item |