Exploring Students Barriers In Passive Voice Class: Qualitative Research On Indonesian Vocational High School

Muawanah, Alifatul (2021) Exploring Students Barriers In Passive Voice Class: Qualitative Research On Indonesian Vocational High School. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (958kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (506kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (359kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (423kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, seorang siswa pasti akan menemukan kesulitan belajar, kesulitan tersebut dapat berpengaruh terhadap nilai yang diperoleh. Apalagi di Indonesia pada mata pelajaran bahasa inggris yang sampai sekarang masih merupakan bahasa asing yang sangat jarang digunakan dalam berbicara sehari-hari, sehingga hal tersebut membuat siswa merasa kesulitan dalam belajar bahasa inggris. Kesulitan tersebut berasal dari beberapa faktor , yaitu dari faktor dari internal maupun faktor eksternal. Pada sekolah menengah kejuruan, bahasa inggris banyak ditemukan pada jurusan yang mereka ambil, seperti hal nya istilah-istilah asing yang ada di buku maupun di ruangan praktek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran bahasa inggris pada materi Passive Voice dan faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan siswa dalam belajar bahasa inggris pada materi Passive Voice pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang menyajikan data berupa pendeskripsian atau menggambarkan secara apa adanya tentang suatu kejadian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berasal dari sumber data primer yang berupa informasi dari lapangan di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia tentang faktor apa saja yang membuat siswa kelas Sekolah Menengah Kejuruan mengalami kesulitan belajar bahasa inggris pada materi Passive Voice, selanjutnya data sekunder diperoleh dari buku-buku data dokumentasi Sekolah Menengah Kejuruan. Data-data tentang kegiatan pembelajaran bahasa inggris pada materi Passive Voice di Sekolah Menengah Kejuruan dikumpulkan dengan teknik wawancara terstruktur dan semiterstruktur, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan deskriptif analisis dengan mengklarifikasi sesuai dengan permasalahan yang diteliti kemudian setelah itu disusun dan dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan belajar Bahasa inggris yang dialami siswa Sekolah Menengah Kejuruan yaitu karena siswa merasa kesulitan memahami teks maupun soal yang diberikan kepada guru, disebakan karena masih terdapat banyak siswa yang kurang menguasai vocabulary, sehingga siswa tidak paham dengan maksud teks maupun soal. Sehingga ketika menjawab soal tidak dapat memperoleh jawaban yang diinginkan. Kemudian pada pembelajaran Passive Voice di Sekolah Menengah Kejuruan, masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan untuk memahami materi tersebut, terletak pada kesulitan memahami rumus. Siswa masih bingung untuk membedakan perbedaan dari kalimat aktiv dan pasif, selain itu siswa merasa kesulitan pada penggunaan to be dan siswa tidak dapat memahami soal dengan baik. (2) Terdapat beberapa faktor yang membuat siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran Bahasa inggris pada materi Passive Voice yang berasal dari dalam dan dari luar: faktor dari dalam adalah faktor yang berasal dari diri siswa sendiri, seperti hal nya daya ingat rendah, tingkat kecerdasan, minat, motivasi, konsentrasi kecerdasan dan rasa percaya diri. Sedangkan faktor dari luar adalah faktor yang berasal dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Faktor Kesulitan Belajar, Passive Voice, Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:21
Last Modified: 17 Nov 2021 03:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5900

Actions (login required)

View Item View Item