Ubaidillah, Moh Jahid (2021) Ta'tsir Al-bai'at At-ta'limiyyah 'ala tarqiyyah muyuul At-thullab fi ta'liim Al-lughoh Al-'arobiyyah bi As-shoff At- taasi'i bi Al-madrosah Al-mutawaaithoh Al-islamiyyah Al-hukumiyyah 4 dimak al'aam ad-dirosi 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (600kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (654kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (402kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (564kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (475kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (612kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (356kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
Abstract
Lingkungan pendidikan merupakan sesuatu yang ada disekitar seseorang dan dapat mempengaruhi dalam belajarnya. Minat merupakan suatu rasa suka dan cinta terhadap sesuatu. Dengan adanya lingkungan pendidikan yang positif, secara otomatis minat siswa dalam belajar bahasa Arab akan lebih meningkat. Faktor yang dapat mempengaruhi seseorang dalam belajar ada 2 macam yaitu faktor external, faktor internal. Salah satu dari faktor internal adalah minat, karena siswa akan berhasil dalam belajar jika dirinya mempunyai keinginan untuk belajar. Begitu juga ketika siswa ingin menguasai bahasa Arab, maka perlu adanya minat terhadap bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui lingkungan pendidikan siswa kelas IX MTs N 4 Demak, minat siswa dalam belajar bahasa Arab serta sejauh mana pengaruh lingkungan pendidikan terhadap peningkatan minat siswa dalam belajar bahasa Arab kelas IX MTs N 4 Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas IX MTs N 4 Demak Tahun Ajaran 2020/2021. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis instrumen menggunakan uji Validitas dan Reabilitas. Analisis data menggunakan analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Lingkungan pendidikan siswa di MTs N 4 Demak berkatagori baik dengan nilai rata-rata 58,88 (59) yang masuk dalam interval 59-66. 2) Minat siswa dalam belajar bahasa arab di MTs N 4 Demak berkatagori baik dengan nilai rata-rata 40,15 (40) yang masuk dalam interval 34-40. 3) Pengaruh lingkungan pendidikan terhadap peningkatan minat siswa dalam belajar bahasa Arab menghasilkan bahwa keduanya memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai koefisien korelasi (R) kedua variabel sebesar 0,465. Sedangkan dilihat dari hasil nilai koefisien determinasinya (R Square) bahwa ada pengaruh lingkungan pendidikan terhadap minat siswa sebesar 0, 216 (21%)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Pendidikan, Minat Siswa, Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Dec 2021 07:42 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 07:42 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6053 |
Actions (login required)
View Item |