Istikhdam kitab ar risalah ashorfiyah fi ta'lim al lughah al 'arobiyah litarqiyah maharoh al qiro'ah laday thullab fi al fashl al khomis bi al madrosah ad diniyah al ishlah teluk wetan welahan jepara 2020/2021 M

Umam, Chotibul (2021) Istikhdam kitab ar risalah ashorfiyah fi ta'lim al lughah al 'arobiyah litarqiyah maharoh al qiro'ah laday thullab fi al fashl al khomis bi al madrosah ad diniyah al ishlah teluk wetan welahan jepara 2020/2021 M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (586kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (373kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (398kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (384kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (443kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (343kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)

Abstract

Penelitian digunakan untuk mengetahui penggunaan Kitab Ar Risalah As Shorfiah dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan membaca bagi kelas lima Madrasah Diniyah Al Ishlah Teluk Wetan Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021, sekaligus untuk mengetahui prestasi siswa dengan menggunakan kitab tersebut, juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Kitab tersebut. Penelitian ini merupakan penenelitian lapangan (field Research), dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun proses analisis datanya peneliti menggunakan Analisis kualitatif dengan metode Diskriptif. Adapun hasil penelitian ini yaitu: (1) bahwa penerapan penggunaan kitab Ar Risalah As Shorfiyah dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan membaca bagi Siswa kelas lima Madrasah Diniyah Al Ishlah Teluk Wetan Welahan Jepara dilaksanakan dalam dua tahap yakni: (a) tahap perencanaan yaitu guru merencanakan materi yang akan dipelajari. (b) tahap pelaksanaan yaitu guru menyebutkan materi atau bab yang akan dibahas kemudian guru menjelaskannya mulai dari Tashhrif istilahi fiil tsulatsi mujarrod sampai tsulasi mazid dan setelah selesai guru menyuruh siswa menghafalkan wazan – wazan tersebut secara satu persatu. (2) bahwa prestasi membaca siswa menggunakan Kitab Ar Risalah As Shorfiyah dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan membaca Siswa kelas lima Madrasah Diniyah Al Ishlah Teluk Wetan Welahan Jepara berhasil. Hal ini ditunjukkan dengan adanya rata-rata nilai siswa yaitu 6. (3) bahwa kelebihan Kitab Ar Risalah As Shorfiyah yaitu Siswa mampu memahami materi pelajaran dengan menggunakan Bahasa Jawa, sekaligus memudahkan siswa bdalam belajar karena didalamnya terdapat Bagan disetiap kesimpulan setaip Bab. Adapun kekurangannya yaitu ringkasnya penjelasan dalam membahas materi, minimnya latihan – latihan, minimnya contoh – contoh, tidak adanya petunjuk penggunaan kitab dalam mempelajari kitab, tidak adanya refrensi kitab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Kitab Ar Risalah As Shorfiyah, Keterampilan Membaca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:44
Last Modified: 17 Jan 2022 03:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6453

Actions (login required)

View Item View Item