Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs NU Nurul Huda Kudus

Ni’mah, Hidayati Ulin (2022) Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs NU Nurul Huda Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (974kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (599kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (383kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (949kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (731kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (729kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (440kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh gaya belajar visual terhadap kemampuan berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika siswa kelas VIII MTs NU Nurul Huda Kudus, (2) Mengetahui pengaruh gaya belajar auditori terhadap kemampuan berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika siswa kelas VIII MTs NU Nurul Huda Kudus, (3) Mengetahui pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap kemampuan berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika siswa kelas VIII MTs NU Nurul Huda Kudus. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode angket dan tes. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi atau korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs NU Nururl Huda Kudus yang berjumlah 266 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-H yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan linearitas, uji hipotesis penelitian meliputi analisis regresi sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar visual terhadap kemampuan berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika dilihat dari hasil F_Hitung>F_Tabel (12,105 > 5,99), nilai Sig. 0,013 dan r = 0,818 dengan kontribusi yang diberikan sebesar 66,9%. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar auditori terhadap kemampuan berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika dilihat dari hasil F_Hitung>F_Tabel (66,578 > 4,45), nilai Sig. 0,000 dan r = 0,893 dengan kontribusi yang diberikan sebesar 79,7%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar kinestetik terhadap kemampuan berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika dilihat dari hasil F_Hitung>F_Tabel (32,019 > 10,13), nilai Sig. 0,011 dan r = 0,956 dengan kontribusi yang diberikan sebesar 91,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik), Kemampuan Berpikir Reflektif, Penyelesaian Masalah.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Mar 2022 06:28
Last Modified: 17 Mar 2022 06:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6822

Actions (login required)

View Item View Item