Mujahid, Ahmad (2022) Tatbiq tariqah kharithah al 'aql litahsin al kafa'ah al nahwiyah ladaay al thulaab fi al mudrasah al mutawasithah al islamiyah nahdhatul ulama' wahid hasyim al salafiyah quds al sanah al dirasiyah 2021/2022m. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover-kata pengantar.pdf Download (889kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (303kB) |
|
Text
3. Daftar isi.pdf Download (435kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (704kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (983kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (592kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (811kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (353kB) |
|
Text
9. Daftar pustaka.pdf Download (414kB) |
Abstract
Pembelajaran nahwu secara umum di Indonesia menggunakan metode ceramah dan menghafal. Metode mind map yang ditemukan Tony Buzan memiliki kontribusi yang baik dalam pembelajaran. Kemudian teori ini dikembangkan oleh Doni Swadarma di dalam model pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir dan dipraktekkan dalam pembelajaran nahwu di MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah Kudus. Indikator kontribusi yang baik adalah bahwa semester satu dan mid semester dua memiliki perbedaan yang signifikan di dalam nilai KKM. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui penerapan metode mind map untuk meningkatkan penguasaan Nahwu Siswa MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah Kudus 2) Mengetahui apa saja faktor pendukung dalam penerapan metode mind map pada pembelajaran Nahwu Siswa MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah Kudus 3) Mengetahui apa saja faktor penghambat dalam penerapan metode mind map pada pembelajaran Nahwu Siswa MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah Kudus 4) Mengetahui solusi untuk mengatasi penghambat penerapan metode mind map pada pembelajaran Nahwu Siswa MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru nahwu dan siswa kelas VII MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah Kudus tahun ajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data yaitu reduksi data, display data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran Nahwu di MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah Kudus dilakukan dengan menggunakan metode mind map dengan proses tiga tahapan yaitu persiapan pembelajaran dengan membuat RPP, pelaksanaan pembelajaran sesuai RPP dan Evaluasi. 2) Faktor pendukung penerapan metode mind map dalam pembelajaran Nahwu siswa MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah Kudus ialah faktor guru, kurikulum, siswa, materi, lingkungan, manajemen kelas dan sarana prasarana. 3) Faktor penghambat penerapan metode mind map dalam pembelajaran Nahwu siswa MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah Kudus ialah ialah faktor siswa, waktu dan fasilitas pembelajaran. 4) Solusi untuk mengatasi faktor penghambat penerapan metode mind map dalam pembelajaran Nahwu siswa ialah guru memberi perhatian tersendiri pada siswa melalui motivasi, usaha-usaha dan nasehat yang lebih. Untuk mensiasati kurangnya waktu guru membuat pengoptimalan materi yang sudah diringkas menjadi lebih dimengerti. Disamping itu juga berlanjut di kegiatan extra-kulikuler. Untuk fasilitas pembelajaran guru menggunakan media yang ada, seperti papan tulis dan hendphone guru untuk memvisualisasikan materi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Map, Nahwu, Metode, Penerapan, Penguasaan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 03:00 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 03:00 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7591 |
Actions (login required)
View Item |