Analisis Atribut Perbankan Syariah: Reputasi Islam, Teknologi Informasi, Kualitas Jasa, Dan Produk Terhadap Preferensi Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah IAIN Kudus Angkatan 2017-2019)

Damayanti, Alfina (2022) Analisis Atribut Perbankan Syariah: Reputasi Islam, Teknologi Informasi, Kualitas Jasa, Dan Produk Terhadap Preferensi Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah IAIN Kudus Angkatan 2017-2019). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (678kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (877kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (809kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (890kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (491kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis atribut perbankan syariah apa saja yang mempengaruhi preferensi mahasiswa dalam menggunakan jasa perbankan syariah, mengetahui dan menganalisis atribut yang paling dominan menjadi preferensi mahasiswa dalam menggunakan jasa perbankan syariah. Penelitian ini dilakukan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif yaitu suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi perbankan syariah IAIN Kudus angkatan 2017-2019 berjumlah 76 mahasiswa yang terdiri dari 63 perempuan dan 13 laki-laki. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dari program SPSS versi 23 dengan preferensi mahasiswa adalah variabel dependen dan variabel independennya adalah reputasi Islam, teknologi informasi, kualitas jasa, dan produk. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti, penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) atribut perbankan syariah yaitu variabel reputasi Islam, teknologi informasi, kualitas jasa, dan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi mahasiswa program studi perbankan syariah IAIN Kudus angkatan 2017-2019 dalam menggunakan jasa perbankan syariah. 2) atribut perbankan syariah yang paling dominan menjadi preferensi mahasiswa dalam memilih menggunakan jasa perbankan syariah adalah produk dengan perolehan nilai standardized coefficient beta sebesar 0,377 yang dimana lebih besar dari atribut perbankan syariah lainnya yang diteliti dalam penelitian ini. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa produk merupakan atribut penting (utama) terhadap preferensi mahasiswa program studi perbankan syariah IAIN Kudus angkatan 2017-2019 yang dijadikan pedoman dan pertimbangan mahasiswa dalam memilih menggunakan jasa perbankan syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perbankan Syariah, Atribut Perbankan Syariah, Preferensi
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Dec 2022 03:50
Last Modified: 27 Dec 2022 03:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8036

Actions (login required)

View Item View Item