Abdurrohman, Muh (2022) Tatbiq ta'lim al lughah al arabiyah bikitab muhadatsati limaharah al kalam liltulaab fii alma'had darul falah Amtsilati Bangsri Jepara 2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER dan Pengesahan Skripsi.pdf Download (800kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (473kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (565kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (854kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (904kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (775kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (799kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (600kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (658kB) |
Abstract
Bahasa arab merupakan salah satu bahasa asing yang popular untuk dipelajari, tak terkecuali di pondok pesantren darul falah bangsri jepara. Didalam pembelajaran bahasa arab terdapat 4 macam ketereampilan yang harus dikuasi meliputi: keterampilan berbicara, keterampilan membaca, keterampilan mendengarkan dan keterampilan menulis. Dalam menguasi 4 keterempilan tersebut sangatlah penting untuk bisa berbahasa arab dengan baik, dan juga harus didukung dengan pembelajaran yang baik. Oleh karena itu di pondok pesantren darul falah terdapat pembelajaran bahasa arab menggunakan kitab muhadasati yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Bahasa arab dalam penguasaan maharah kalam dengan menggunakan kitab muhadasati di pondok pessantren darul falah amtsilati bangsri jepara. Serta untuk mengetahui faktor-faktor yang ada dalam pembelajaran baik faktor pendukung maupun penghambat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu bentuk penelitian yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis. Adapun hasil penelitiannya didapat dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga mendapatakan kumpulan-kumpulan data yang bisa di jadikan hasil penelitian. Penelitian di pondok pesantren darul falah untuk mengetahui implementasi pembelajaran bahasa arab menggunkan kitab muhadasati untuk meningkatkan keterampilan berbicara dilaksanakan pada asrama bahasa yaitu asrama darusssalam. Fan bahasa arab sendiri terdiri dari 4 kelas yang masing-masing kelasnya terdapat 10 sampai 12 santri. Sedangkan teknik analisis data yang di gunakan yaitu deskriptif-analitik, yaitu mendiskripsikan dan menganalisis semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.) Pelaksanaan pembelajaran bahasa arab menggunakan kitab muhadasati untuk meningkatkan keterampilan berbicara santri di pondok pesantren darul falah amtsilati menggunakan metode akselerasi dan menjadikan santri mampu untuk menguasai keterampilan berbicara dengan bahasa arab dalam keseharian. 2.) Dalam pembelajaran bahasa arab menggunakan kitab muhadasati untuk meningkatkan keterampilan berbicara santri di pondok pesantren darul falah amtsilati terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajarannya. Faktor pendukung pembelajaran seperti halnya anak sudah faham ilmu nahwu dan shorof, kesemangatan anak dalam belajar, adanya ikhbarulloghoh dan pembelajaran yang menyenangkan. Adapun faktor penghambat seperti halnya materi yang banyak dengan waktu yang singkat, adanya kegiatan non akademik yang banyak dan kurang nya kesdaran dalam memperaktekan bahasa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bahasa Arab, Kitab Mukhadasati, Maharah kalam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 08:27 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 08:27 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8210 |
Actions (login required)
View Item |