Hikam, Muhammad Shohibul (2022) Dirasah almuqaranah baina kitab aldurus alnahwiyah litalamidz almadaris al ibtidaiyah wakitab alnahwu alwadhih fii qawa'id allughah al'arabiyah lilmadaris al ibtidaiyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (402kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (377kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (453kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (645kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (480kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (374kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (436kB) |
Abstract
Diantara unsur pembelajaran adalah materi pembelajaran. Materi pembelajaran yang sesuai dengan pertumbuhan siswa akan lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran dan membuat siswa nyaman dalam belajar. Yang dimaksud dengan materi disini adalah buku pelajaran. Analisis buku-buku pelajaran adalah suatu hal yang penting untuk membantu guru dalam memilih buku pelajaran yang sesuai dengan siswa. Karena itu penelitian komparatif ini bermaksud untuk menemukan metode penulisan dan materi yang terkandung dalam buku durusun nahwiyah dan buku nahwu wadhih serta persamaan dan perbedaan antara keduanya. Penelitian ini termasuk kedalam kategori penelitian kualitatif dan library research. Penelitian ini adalah penelitian komparatif sehingga peneliti menggunakan metode komparatif. Dalam menganalisis data yang diperoleh penelitian ini menggunakan content analysis (analisis isi). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama, metode penulisan dalam buku durusun nahwiyah adalah metode deduktif dan materi yang terkandung didalamnya meliputi materi yang berhubungan dengan nahwu dan shorof dan juga terdapat banyak pengulangan materi didalamnya serta materi tersusun dari yang mudah ke yang sulit. Kedua, metode penulisan dalam buku nahwu wadhih adalah metode induktif dan materi buku meliputi materi nahwu dan shorof dan juga tidak ada pengulangan materi didalamnya serta tersusun dari yang mudah ke yang sulit. Ketiga, persamaannya adalah keduanya merupakan buku pelajaran untuk usia dini, dikarang oleh sekelompok ahli, mengandung materi nahwu dan shorof dan urutan materi dari yang mudah ke yang sulit. Adapun perbedaannya terdapat pada metode penulisan, keluasan materi, latihan dan penggunaan istilah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komparatif, Buku Durusun Nahwiyah, Buku Nahwu Wadhih |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab > Tata Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 02:03 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 02:03 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8261 |
Actions (login required)
View Item |