Dirasah almuqaranah baina kitab aldurus alnahwiyah litalamidz almadaris al ibtidaiyah wakitab alnahwu alwadhih fii qawa'id allughah al'arabiyah lilmadaris al ibtidaiyah

Hikam, Muhammad Shohibul (2022) Dirasah almuqaranah baina kitab aldurus alnahwiyah litalamidz almadaris al ibtidaiyah wakitab alnahwu alwadhih fii qawa'id allughah al'arabiyah lilmadaris al ibtidaiyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (402kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (645kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (480kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (374kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)

Abstract

Diantara unsur pembelajaran adalah materi pembelajaran. Materi pembelajaran yang sesuai dengan pertumbuhan siswa akan lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran dan membuat siswa nyaman dalam belajar. Yang dimaksud dengan materi disini adalah buku pelajaran. Analisis buku-buku pelajaran adalah suatu hal yang penting untuk membantu guru dalam memilih buku pelajaran yang sesuai dengan siswa. Karena itu penelitian komparatif ini bermaksud untuk menemukan metode penulisan dan materi yang terkandung dalam buku durusun nahwiyah dan buku nahwu wadhih serta persamaan dan perbedaan antara keduanya. Penelitian ini termasuk kedalam kategori penelitian kualitatif dan library research. Penelitian ini adalah penelitian komparatif sehingga peneliti menggunakan metode komparatif. Dalam menganalisis data yang diperoleh penelitian ini menggunakan content analysis (analisis isi). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama, metode penulisan dalam buku durusun nahwiyah adalah metode deduktif dan materi yang terkandung didalamnya meliputi materi yang berhubungan dengan nahwu dan shorof dan juga terdapat banyak pengulangan materi didalamnya serta materi tersusun dari yang mudah ke yang sulit. Kedua, metode penulisan dalam buku nahwu wadhih adalah metode induktif dan materi buku meliputi materi nahwu dan shorof dan juga tidak ada pengulangan materi didalamnya serta tersusun dari yang mudah ke yang sulit. Ketiga, persamaannya adalah keduanya merupakan buku pelajaran untuk usia dini, dikarang oleh sekelompok ahli, mengandung materi nahwu dan shorof dan urutan materi dari yang mudah ke yang sulit. Adapun perbedaannya terdapat pada metode penulisan, keluasan materi, latihan dan penggunaan istilah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komparatif, Buku Durusun Nahwiyah, Buku Nahwu Wadhih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab > Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:03
Last Modified: 02 Feb 2023 02:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8261

Actions (login required)

View Item View Item