Tahlil bunud al ikhtibar fii al imtihan al niha'iy limadat al lughah al arabiyah lil fashl al tsaamin bi almadrasah al mutawasithah qudsiyah biqudus

Nasir, Ahmad (2022) Tahlil bunud al ikhtibar fii al imtihan al niha'iy limadat al lughah al arabiyah lil fashl al tsaamin bi almadrasah al mutawasithah qudsiyah biqudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (958kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (502kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (458kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (597kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (682kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (595kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (779kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (525kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk menganalisis kualitas soal pilihan ganda pada ujian akhir semester kelas VIII (A) di MTs Qudsiyah Kudus 2020/2021. Berdasarkan aspek tingkat kesulitan dan daya pembeda. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui tingkat kesukaran butir soal pada ujian akhir mata pelajaran Bahasa Arab semester VIII. (2). mengetahui tingkat kesukaran butir soal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk memperoleh data tingkat kesukaran dan daya pembeda unsur soal. Populasinya adalah siswa kelas VIII (a) MTs Qudsiyah Kudus. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan dokumentasi untuk memperoleh kertas ujian dan soal-soal. Analisis menggunakan jawaban siswa dan kunci jawaban untuk menganalisis kualitas butir soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 40 soal ulangan semester kelas VIII (A) di MTs Qudsiyah Kudus 2020/2021 ditemukan soal yang tergolong sulit sebanyak 13 butir (32%), soal tengah sebanyak 23 butir (58%), dan soal mudah sebanyak 4 butir (10%). Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kesulitan berada pada kategori sedang/normal yaitu memenuhi nilai 0,31 – 0,70. Pada tingkat daya pembeda diketahui bahwa soal yang dinilai buruk sebanyak 19 item (47%), sedang sebanyak 6 item (15%), baik 12 item (30%) dan sangat baik sebanyak 3 item (8%). Maka daya pembeda soal tersebut termasuk dalam kategori buruk (negatif), yaitu memenuhi nilai 0,00-0,20. Sehingga dapat dijelaskan bahwa soal ulangan pada semester kelas VIII (A) di MTs Qudsiyah Kudus 2020/2021, tidak mampu membedakan siswa yang berkemampuan tinggi dan rendah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: analisis butir soal, ujian akhir, bahasa arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Mar 2023 06:26
Last Modified: 02 Mar 2023 06:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8840

Actions (login required)

View Item View Item