Nafi’ah, Mawadatun (2022) Ta'tsir Thariqah al Istijabat al Jasadiyah al Kamilat (TPR) fi Tarqiyah Isti'ab al Mufrodat al 'Arabiyyah li Thullab al Shaf al Sabi' bi al Madrasah al Islamiyyah al Syafi'iyah al Mutawassithah Gandrirejo al Sanah al Dirasah 2021-2022 M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (836kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (402kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (355kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (383kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (538kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (496kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (481kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (316kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis penerapan metode Totally Physical Response; pada kosakata Bahasa Arab MTs. Salafiyah Islamiyah as-Syafiiyah Gandrirejo, 2) melihat pengaruh metode Totally Physical Response terhadap hasil belajar siswa terhadap peningkatan penguasaan mufrodat, 3) mengetahui apakah metode Totally Physical Response lebih baik dari metode konvensional (menghafal). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Exsperimental dalam bentuk penelitian Quasi Eksperimen Design the nonequivalent control group design. Objek penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t One Sample T-test dua arah untuk mengetahui pengaruh metode Totally Physical Response pada kelas eksperimen dan uji N-Gain untuk uji perbandingan hasil belajar metode Totally Physical Response dan metode konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji One Sample T-test diperoleh thitung25.729 sehingga lebih besar dari ttabel 2.201 dan nilai sig. (2 –tailed) yaitu 0.000 < 0.05. berdasarkan dari 2 hasil tersebut maka metode Totally Physical Response termasuk dalam kategori efektif. Dan berdasarkan uji N-Gain diperoleh bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen (Metode Totally Physical Response) adalah sebesar 76,9410 atau 76,94% termasuk dalam kategori efektif, sedangkan rata-rata N-Gain score untuk kelas control (Metode Konvensional menghafal) adalah sebesar 60,5605 atau 60,1% termasuk dalam kategori cukup efektif. Maka berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Totally Physical Response lebih baik dari metode konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi terhadap peningkatan penguasaan mufrodat MTs. Salafiyah Islamiyah as-Syafiiyah Gandrirejo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Totally Physical Resnponse, penguasaan Mufrodat bahasa Arab | ||||||
Subjects: | Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2023 03:39 | ||||||
Last Modified: | 14 Mar 2023 03:39 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9163 |
Actions (login required)
View Item |