Maghfiroh, Isnia (2022) Tatbiq manahij al dirasiyah al tsunaiyah al lughawiyah litarqiah maharah al kalam laday al thulaab bi al ma'had al 'asrii al muhibain Jati Raka Tuban al 'am al dirasiy 2021/2022M. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (673kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (333kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (352kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (538kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (750kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (456kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (764kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (351kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) |
Abstract
Penelitian ini menerangkan tentang implementasi kurikulum Bahasa bilingual sebagai komunikasi antara manusia di dunia, sebab kemampuan Bahasa asing menjadi tuntutan untuk era saat ini. Bilingual adalah keahlian memakai 2 bahasa, tidak hanya dalam berdialog serta menulis, namun keahlian menguasai apa yang dikomunikasikan orang lain secara lisan serta tertulis. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bentuk kurikulum bilingual dalam meningkatkan maharoh kalam terhadap santri di Pondok Pesantren Modern Al Muhibbin Jatirogo Tuban. 2) untuk mengetahui implementasi kurikulum bilingual dalam meningkatkan maharoh kalam terhadap santri di Pondok Pesantren Modern Al Muhibbin Jatirogo Tuban. 3) Untuk mengetahui bagaimana factor pendukung dan penghambat adanya implementasi kurikulum bilingual dalam meningkatkan maharoh kalam terhadap santri di Pondok Pesantren Modern Al Muhibbin Jatirogo Tuban. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat ditunjukkan dengan, bahwa 1) Bentuk kurikulum bilingual di pondok pesantren Al Muhibbin menggunakan pedoman kurikulum nasional (K-13), kurikulum keagamaan dari Kemenag serta kurikulum lokal pesantren. 2) Implementasi kurikulum bilingual di Pondok Pesantren Modern Al Muhibbin Jatirogo Tuban teraplikasi dalam keseharian kegiatan pembelajaran di pondok. Dimana penerapan bahasa bilingual terjadwal dalam masa 6 bulan secara bergantian, dan tetap mempertahankan bahasa pertama santri pada hari yang telah ditentukan. 3) Adanya beberapa factor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum bilingual di Pondok Pesantren Modern Al Muhibbin Jatirogo Tuban diantaranya factor pendukung adalah motivasi santri yang tinggi, sarana dan prasarana yang memadai, lingkungan yang mendukung, dukungan penuh dari wali santri, dan tenaga pengajar yang berkompeten. Adapun factor Penghambatnya adalah perbedaan kompetensi linguistic santri, dan malasnya santri dalam melaksanakan program Bahasa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Bilingual, Meningkatkan Keterampilan Berbicara | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 16 Mar 2023 02:44 | ||||||
Last Modified: | 16 Mar 2023 02:44 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9268 |
Actions (login required)
View Item |