Rozak, Fatkhur (2023) Tanfidh ta'lim maharah al qira'ah fii al ma'had al diniy al maimuniyyah Langgardalem Qudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (372kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (267kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (392kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (462kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (399kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (516kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (284kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (334kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat secara nyata penerapan pembelajaran maharoh qiroatil kutub di pondok pesantren al maimuniyyah langgardalem kudus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran maharoh qiroatil kutub di pondok pesantrenal maimuniyyah langgardalem kudus dan untuk mengetahui apa faktor-faktor pendukung maupun penghambat dalam implementasi pembelajaran qiroatul kutub di pondok pesantrenal maimuniyyah langgardalem kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di pondok pesantren al maimuniyyah langgardalem kudus. Subjek dalam penelitian ini adalah pengasuh pondok, ketua pondok, ustadz yang mengajar di pondok dan santri yang ada di pondok. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran maharoh qiroatil kutub yang diterapkan di pondok pesantren al maimuniyyah Kudus dapat meningkatkan kemampuan santri dalam memahami makna dan kandungan dari kitab kuning yang dipelajari, khususnya dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab kuning, mengembangkan keaktifan santri dan dapat menumbuhkan minat santri untuk mempelajari kitab kuning, (2) Faktor pendukung diterapkannya pembelajaran membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Al Maimuniyyah Kudus, yaitu : keefektifan metode, sarana dan prasarana, materi yang dipelajari dan keadaan santri serta ustadz yang mengajar di pondok pesantren tersebut. Sedangkan faktor penghambat dalam menerapkan pembelajaran membaca kitab di pondok pesantren al maimuniyyah, yaitu : kurangnya motivasi santri, kurangnya dukungan ustadz dan kurangnya konsentrasi dari santri. Selanjutnya penelitian ini diharapkan data menjadi bahan masukan dan pembelajaran bagi para pemegang kebijakan maupun para ustadz khususnya untuk lebih menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif sehingga mampu mengembangkan semua aspek pembelajaran dengan lebih efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran maharoh Qiroatil Kutub, Pondok Pesantren Al Maimuniyyah Langgardalem, Santri Pondok Al Maimuniyyah | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2023 03:45 | ||||||
Last Modified: | 27 Apr 2023 03:45 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9830 |
Actions (login required)
View Item |