Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca dan menulis Pada Peserta Didik Kelas III Di MI NU Pendidikan Islam Gondang Manis Bae Kudus

Fadhilah, M. Fiqri (2023) Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca dan menulis Pada Peserta Didik Kelas III Di MI NU Pendidikan Islam Gondang Manis Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (191kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (155kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bentuk kesulitan belajar membaca dan menulis peserta didik kela III MI NU Pendidikan Islam Gondangmanis Bae Kudus, (2) untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar membaca dan menulis peserta didik kela III MI NU Pendidikan Islam Gondangmanis Bae Kudus, (3) untuk mengetahui srategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis peserta didik kela III MI NU Pendidikan Islam Gondangmanis Bae Kudus. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field researches). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas III, Wali kelas III, dan kepala madrasah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini yakni uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confirmatibility (obyektivitas). Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) bentuk kesulitan belajar yang dialami peserta didik kelas III MI NU Pendidikan Islam Gondangmanis Bae Kudus yaitu kesulitan belajar membaca dan menulis. Kesulitan belajar membaca yang dialami yaitu peserta didik Sulit mengeja huruf, sulit membedakan huruf yang sama seperti b dan d, belum lancar menghafal huruf abjad. Kesulitan belajar menulis peserta didik masih sulit membedakan huruf seperti huruf b dan d sehingga ketika di dekte guru penulisannya masih lambat dan salah, ukuran tulisannya terlalu besar dan tidak ada jarak dalam penulisan per kata. Kemudian kesulitan berhitung peserta didik Kurangnya pemahaman konsep, kurangnya keterampilan dalam berhitung dan tidak bisa memecahkan masalah terutama dalam operasi perkalian dan pembagian. (2) Faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik kelas III MI NU Pendidikan Islam Gondangmanis Bae Kudus terdapat dua faktor kesulitan belajar yaitu berasal dari dalam diri peserta didik yaitu intelektual atau kecerdasan peserta didik dan motivasi belajar sedangkan faktor dari luar peserta didik yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah (jadwal pelajaran terlalu padat), dan lingkungan masyarakat. (3) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas III MI NU Pendidikan Islam Gondangmanis Bae Kudus yaitu Menngunakan media pembelajaran yang menarik dan efektif, penggunaan metode yang menyenangkan dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulthon, SulthonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kesulitan Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 May 2023 06:50
Last Modified: 02 May 2023 06:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9873

Actions (login required)

View Item View Item