Istiratijiyat al Mu'alim fi Taghlibu 'ala Su'ubat al Thulab fi Ta'alum al Lughah al 'Arabiyyah fi Madrasah Nahdlatul 'Ulama Mawaqi'ul Ulum al Tsaanawiyah al Islaamiyah bi Qudus al Sanah al Dirasiyah 2021/2022 M

Ramadhon, Fitriani Millenia (2023) Istiratijiyat al Mu'alim fi Taghlibu 'ala Su'ubat al Thulab fi Ta'alum al Lughah al 'Arabiyyah fi Madrasah Nahdlatul 'Ulama Mawaqi'ul Ulum al Tsaanawiyah al Islaamiyah bi Qudus al Sanah al Dirasiyah 2021/2022 M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (746kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (395kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (387kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (548kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (820kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (580kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (732kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (341kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Setiap anak didik berhak meraih prestasi yang baik jika mereka dapat belajar secara wajar terhindar dari berbagai hambatan dan gangguan. Selain kesulitan dalam berbahasa, banyak kesulitan yang muncul dalam pembelajaran bahasa arab. Kesulitan ini dapat muncul dari diri pribadinya (intrinsik) dan dari lingkungan (ekstrinsik). Untuk itu, pentingnya sebagai seorang guru memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam belajar bahasa arab di MA NU Mawaqi’ul Ulum dan mengetahui hambatan yang dihadapi guru mengatasi kesulitan siswa dalam belajar bahasa arab di MA NU Mawaqi’ul Ulum Kudus. Pada penelitian ini peneliti menggunkan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) bentuk bentuk kesulitan belajar yang terjadi pada siswa kelas X di MA NU Mawaqi’ul Ulum adalah masih banyaknya siswa yang kesulitan menghafal kosakata bahasa arab karena siswa belum terbiasa dengan istilah-istilah bahasa arab, siswa kesulitan dalam menyusun grammer bahasa arab, masih banyak siswa yang belum faham nahwu dan shorf, siswa masih kesulitan dalam menerjemahkan kalimat bahasa arab ke dalam bahasa indonesia, penyebabnya adalah siswa belum hafal kosakata dan susunan kalimat bahasa arab, 2) Strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan siswa pada pelajaran bahasa arab di MA NU Mawaqi’ul Ulum yaitu guru memilih strategi pembelajaran inquiry dengan metode diskusi, metode pemberian tugas dan metode tanya jawab. Kemudian strategi ekspositori dengan metode ceramah dan menghafal/demonstrasi. Terakhir strategi kooperatif dengan metode diskusi dan metode tugas. 3) Hambatan yang dihadapi guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam belajar bahasa arab di MA NU Mawaqi’ul Ulum terjadi karna siswa yang sering gaduh saat pelajaran beerlangsung sehingga mengganggu konsentrasi siswa yang lain. Selain itu, waktu belajar bahasa arab juga sedikit sehingga materi yang disampaikan kurang maksimal, sarana dan prasarana yang ada di madrasah juga kurang memadai sehingga pembelajaran kurang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlfian, Muhammad IvanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kesulitan Belajar, Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 May 2023 04:01
Last Modified: 15 May 2023 04:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9981

Actions (login required)

View Item View Item