Ruchyyah, Sayida (2023) Analisis Keefektifan Model Pembelajaran Everyone Is Teacher Here untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MI NU Al-Maarif Blimbingrejo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (877kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (228kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (301kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (502kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (331kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (656kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (222kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (281kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran Everyone Is Teachere Here dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik mata pelajaran matematika kelas iv mi nu al-maarif blimbingrejo. (2) mendiskripsikan hambatan dan solusi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Everyone Is Teachere Here dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik mata pelajaran matematika kelas IV MI NU Al-Maarif Blimbingrejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini dilakukan studi lapangan di MI NU Al-Maarif Blimbingrejo, yaitu kelas IV. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika kelas iv serta peserta didik kelas IV MI NU Al-Maarif Blimbingrejo yang berjumlah 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket kepercayaan diri peserta didik sebagai data pendukung dalam penelitian. Uji keabsahaan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi data. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksi, menyusun serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Everyone Is Teacher Here terlaksana dengan baik dan efektif. Hal ini terlihat dari aktifitas peserta didik, respon peserta didik serta kepercayaan diri peserta didik ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Peserta didik lancar berbicara mengungkapkan isi materi keliling bangun datar dan menunjukkan keberanian latihan mengajar di depan kelas. (2) hambatan yang terjadi pada penerapan model pembelajaran Everyone Is Teacher Here adalah kepercayaan diri peserta didik, ketekunan peserta didik, kemampuan belajar peserta didik serta alokasi waktu. Adapun solusi yang dapat diterapkan adalah guru memberikan motivasi kepada peserta didik dalam kegiatan pembelajaran serta bekerjasama dengan orang tua peserta didik dalam memberikan arahan, bimbingan, dan dukungan agar peserta didik memiliki semangat dan ketekunan yang dapat meningkatkan kemampuan belajar peserta didik di kelas. Sedangkan untuk alokasi waktu, guru dapat merubah dan menyesuaikan model pembelajaran yang digunakan dengan keadaan kelas yang sebenarnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Everyone Is Teacher Here, Kepercayaan Diri, Kegiatan Pembelajaran | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 01:43 | ||||||
Last Modified: | 08 Aug 2023 01:43 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10781 |
Actions (login required)
View Item |