Zuliyana, Fina (2023) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Matematika Peserta Didik Kelas IV SD IT Al-Hikmah Mayong Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (541kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (377kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (492kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (742kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (645kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (706kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (267kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Matematika Peserta Didik Kelas IV SD IT Al-Hikmah Mayong Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang analisisnya menekankan pada data-data numerikal dan diolah dengan statistika. Adapun jenis penelitiannya menggunakan penelitian field research dengan desain penelitian true experimental design. Populasi pada penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas IV SD IT Al-Hikmah Mayong Jepara yang berjumlah 26 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampling peneliti menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis penelitian menggunakan sampling jenuh. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Untuk analisis datanya menggunakan uji validitas aikens’v, cronbach alpha, uji kolmogorov smirnov. Sedangkan uji hipotesisnya, peneliti menggunakan uji komparatif Mann-Whitney U Test. Hasil penelitian adalah adanya keefektivan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif matematika peserta didik kelas IV SD IT Al-Hikmah Mayong Jepara. Hal tersebut dibuktikan dengan penolakan H0, yakni hasil belajar kognitif matematika peserta didik kelas IV SD IT Al-Hikmah Mayong Jepara dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) lebih tinggi dibandingkan dengan diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe PBL (Problem Based Learning).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | NHT (Numbered Head Together), Hasil Belajar Kognitif peserta didik , Pembelajaran Matematika, Madrasah Ibtidaiyah. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2023 03:54 | ||||||
Last Modified: | 21 Oct 2023 03:54 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11095 |
Actions (login required)
View Item |