Nihayati, Ulfa (2023) Strategi Mempertahankan Loyalitas Konsumen Pada Home Industry Jenang Bintang Kurnia Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01.COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (518kB) |
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (329kB) |
|
Text
04.BAB I.pdf Download (535kB) |
|
Text
05.BAB II.pdf Download (832kB) |
|
Text
06.BAB III.pdf Download (452kB) |
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (962kB) |
|
Text
08.BAB V.pdf Download (523kB) |
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (443kB) |
Abstract
Loyalitas konsumen mempunyai peran yang penting dalam kemajuan suatu usaha. Loyalitas konsumen dapat diketahui dari pembelian secara berulang sehingga menciptakan kepuasan pada konsumen. Home industry Jenang Bintang Kurnia Mejobo Kudus merupakan salah satu usaha rumahan yang memproduksi produk bernama jenang. Kelebihan dari Jenang Bintang Kurnia adalah produk yang fresh setiap hari, harga yang terjangkau sesuai pasaran dan mendapat kelebihan jenang untuk konsumen yang telah berlangganan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh Jenang Bintang Kurnia dalam mempertahankan loyalitas konsumen, antara lain: Pertama, untuk mengetahui strategi home industry Jenang Bintang Kurnia untuk mempertahankan loyalitas konsumen. Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat. Ketiga, untuk mengetahui strategi mempertahankan loyalitas konsumen home indsutry Jenang Bintang Kurnia perspektif etika bisnis islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) deskriptif dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Sumber data di peroleh melalui data primer (berkaitan dengan subjek penelitian) dan data sekunder (berkaitan dengan literatur yang berhubungan dnegan objek penelitian), dengan teknik pengumpulan data baik wawancara (dengan owner, karyawan dan konsumen Jenang Bintang Kurnia), observasi maupun dokumentasi. Kemudian dilakukan uji keabsahann data melalui triagulasi sumber, teknik, dan waktu. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan mereduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian ini memperoleh temuan bahwa strategi yang digunakan home industry Jenang Bintang Kurnia dalam mempertahankan loyalitas konsumen antara lain: memberikan pelayanan yang maksimal, membangun komunikasi dan mempertahankan mutu produk. Kemudian faktor pendukung dan penghambat home industry Jenang Bintang Kurnia dalam mempertahankan loyalitas konsumen, antara lain: keunggulan produk, keunggulan harga, keunggulan tempat dan keunggulan promosi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ketahanan bahan baku, kelangkaan bahan baku, dan kenaikan bahan baku. Selanjutnya, strategi home industry Jenang Bintang Kurnia dalam mempertahankan loyalitas konsumen perspektif etika bisnis islam sesuai yang telah di perintahkan Allah, antara lain: Pertama, memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen sesuai yang di contohkan Rasulullah, membangun komunikasi yang baik sesuai dengan syariat islam dan mempertahankan mutu produk sesuai yang diperintahkan dalam Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Loyalitas Konsumen, Home Industry, Etika Bisnis islam | ||||||
Subjects: | 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen Bisnis > Manajemen 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen |
||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 03:28 | ||||||
Last Modified: | 23 Jul 2024 03:28 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11825 |
Actions (login required)
View Item |