Pengaruh Religiusitas Dan Motivasi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Di BMT Al Hikmah Semesta Jepara

Ulya, Dewi Imamatul (2023) Pengaruh Religiusitas Dan Motivasi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Di BMT Al Hikmah Semesta Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (542kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (401kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (683kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (336kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)

Abstract

Dengan pesatnya perkembangan lembaga keuangan syariah saat ini, berbagai organisasi ekonomi dengan label syariah pun mulai bermunculan, mulai dari skala makro, seperti Asuransi Syariah, Pegadaian Syariah, Reksa Dana Syariah, Pasar Modal Syariah, dan sebagainya. Adanya lembaga keuangan syariah ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi praktik-praktik keuangan yang masih mengarah terhadap riba, maysir dan gharar. Namun faktanya, tingkat peminat lembaga keuangan syariah masihlah belum stabil dikalangan masyarakat. Hal ini menjadikan semakin ketatnya persaingan dalam lembaga keuangan khususnya BMT. Oleh karenanya diperlukan strategi agar dapat mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan jasa lembaga keuangan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan motivasi terhadap keputusan menggunakan jasa di BMT. Masalah yang dihadapi adalah bagaimana tetap dapat mempengaruhi nasabah menggunakan jasanya dan menjadikan BMT Al Hikmah tetap eksis dikalangan masayarakat meskipun persaingan semakin ketat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Field Reseacrh atau penelitian lapangan. Objek dalam penelitian ini yaitu nasabah di BMT Al Hikmah Semesta Jepara. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 88.218 dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden menggunakan metode non propabibilty sampling dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Religiusitas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan, dari variabel religiusitas diketahui hasil thitung lebih besar dari ttabel (2,720 > 1,985) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (0,008 < 0,05). 2) Motivasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan, dari variabel motivasi, diketahui hasil thitung lebih besar dari ttabel (3,479 > 1,985) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05). 3) Religiusitas dan motivasi secara simultan (bersama-sama) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan, berdasarkan uji f (simultan), didapatkan hasil fhitung > ftabel (24,155 > 3,090) dan nilai signifikansinya sebesar (0,000 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan pengertian bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan pada variabel religiusitas dan variabel motivasi terhadap pengambilan keputusan menggunakan jasa di BMT Al Hikmah Semesta Jepara. Selain itu, dalam uji Determinasi (R2) menunjukkan nilai sebesar 0,332 atau setara dengan 33,2%. Dari nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel religiusitas dan motivasi memiliki pengaruh terhadap pengambilan keputusan sebesar 33,2% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKurniawan, Mahda RezaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Motivasi, Pengambilan Keputusan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:53
Last Modified: 23 Jul 2024 03:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11828

Actions (login required)

View Item View Item