Penggunaan Aplikasi martphone Untuk Pembelajaran PAI: Kajian Qualitative Meta-Analysis

Hadi, Muhammad Luqman (2023) Penggunaan Aplikasi martphone Untuk Pembelajaran PAI: Kajian Qualitative Meta-Analysis. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (392kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (359kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (729kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (409kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (900kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)

Abstract

Penggunaan aplikasi smartphone sangat penting bagi pembelajaran. Karena akan menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih bervariasi dan merangsang motivasi siswa dalam belajar. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi smartphone harus dibarengi dengan pemahaman siswa untuk mengoperasionalkan aplikasi tersebut. Bagi siswa yang memiliki pemahaman penggunaan smartphone akan mudah memahami namun bagi siswa yang memiliki pemahaman kurang pada penggunaan smartphone akan merasa kesulitan menggunakan aplikasi smartphone dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi smartphone dalam proses pembelajaran PAI berdasarkan publikasi artikel 10 tahun terakhir. Untuk mendeskripsikan metode penelitian yang digunakan terkait dengan pembelajaran PAI menggunakan smartphone dalam 10 tahun terakhir. Jenis penelitian ini adalah metode qualitative meta-analysis, metode ini memberikan gambaran sistematis terkait dengan hasil penelitian dengan tujuan untuk menjawab pertanyaan dan hasil penelitian yang sama. Teknik pengumpulan data menggunakan database online akademik seperti Google Scholar. Teknik analisis data dengan memberikan pengkodean yang meliputi buka kode dengan memecahkan data menjadi bagian-bagian lebih kecil misalnya tujuan studi, desain penelitian, analisis dan temuan. Tahap selanjutnya kode aksial dengan memeriksa hubungan antar konsep dan kategori dari pengkodean terbuka. Kode selektif dengan mengintegrasikan berbagai kategori yang timbul dari pengkodean aksial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode penelitian yang digunakan terkait dengan pembelajaran PAI menggunakan smartphone dalam 10 tahun terakhir terbagi atas 3 kategori yakni metode kualitatif, kuantitatif, Research and Development (R&D) dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). (2) Penggunaan aplikasi smartphone dalam proses pembelajaran PAI berdasarkan publikasi artikel 10 tahun terakhir meliputi aplikasi berbasis android, e-learning, sosial media whatsapp, media video, aplikasi smartphone KJPAI, aplikasi “Smart Tajwid” dan aplikasi android ‘Bersalam’.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbid, NuskhanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Meta-Analysis, Aplikasi Smartphone, Pembelajaran PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:10
Last Modified: 14 Aug 2024 04:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11972

Actions (login required)

View Item View Item