Pengaruh Booklet Inventarisasi Alat Peraga Halal Cullinary Art Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP 1 Bae Pada Materi Sistem Organ Pernapasan

Raharjo, Ratih Listya (2023) Pengaruh Booklet Inventarisasi Alat Peraga Halal Cullinary Art Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP 1 Bae Pada Materi Sistem Organ Pernapasan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (410kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (682kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (388kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (276kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (280kB)

Abstract

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Oleh karena itu seorang guru harus dapat menyampaikan pembelajaran secara menarik, inovatif dan dapat memilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan agar peserta didik mempunyai motivasi yang tinggi dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Bahan ajar yang digunakan pembelajaran IPA di SMP 1 Bae masih menggunakan buku paket dan lks berpusat pada peserta didik dengan model konvensional secara ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh penerapan booklet Inventarisasi Alat Peraga Halal Cullinary Art teradap motivasi belajar siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan di SMP 1 Bae. (2) Pengaruh penerapan booklet Inventarisasi Alat Peraga Halal Cullinary Art terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan di SMP 1 Bae. (3) Respon tanggapan guru dan siswa terhadap penerapan booklet Inventarisasi Alat Peraga Halal Cullinary Art pada materi sistem pernapasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre experimental design dengan bentuk pretest dan posttest pada satu kelas yang diberi perlakuan. Subjek penelitian adalah VIII D SMP 1 Bae yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah one shot case study dengan responden seluruh siswa kelas VIII D. Data diperoleh dari wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis instrument dan analisis deskriptif. Analisis instrument meliputi uji validitas, uji reabilitas, dan tingkat kesukaran. Adapun analisis deskripsif menggunakan mean dan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yaitu uji T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Terdapat pengaruh signifikan antara penerapan booklet Inventarisasi Alat Peraga Halal Cullinary Art terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Data tersebut diperoleh dari hasil uji T-test diperoleh Sig 0,000 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran yang menggunakan penerapan booklet Inventarisasi Alat Peraga Halal Cullinary Art. Peningkatan hasil belajar yang dicapai dalam penelitian ini adalah hasil belajar ranah kognitif siswa dengan dihasilkan nilai rata-rata pretest 51,33 dan rata-rata postest 84,17 dengan jumlah 30 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa booklet Inventarisasi Alat Peraga Halal Cullinary Art dapat diterapkan pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRaida, Sulasfiana AlfiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Booklet Inventarisasi Alat Peraga Halal Cullinary Art, Motivasi dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:03
Last Modified: 24 Sep 2024 02:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12052

Actions (login required)

View Item View Item