Siswanto, Nafisa Alvy (2023) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model pembelajaran Probing Promting Berbantuan Media Power Point Pada Materi Sistem Ekskresi. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (392kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (281kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (440kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (637kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (569kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (528kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (272kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa terhadap penerapan model pembelajaran probing promting berbantuan media power point pada materi system ekskresi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian quasi eksperiment dan desain penelitian yaitu pretest-posttets control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA MAS Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati yang berjumlah 100 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang masing – masing kelas terdiri dari 30 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes berbentuk essay yang terdiri dari 12 soal tes kemampuan bepikir kritis, angket yang berjumlah 10 pernyataan, dan juga lembar observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian pengaruh model pembelajaran probing promting berbantuan media power point pada materi system ekskresi memiliki pengaruh yang baik atau signifikan. Dibuktikan dengan hasil analisis pemberian skor soal tes esaay diperoleh bahwa rata- rata skor tes lebih tinggi kelas eskperimen dari pada kelas kontrol. Analisis Ngain menunjukkan bahwa nilai Ngain kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dan menunjukkan kategori kemampuan berpikir kritis sedang. Ditunjukan dengan rata- rata nilai Ngain kelas eksperimen sebesar 0,6374 dan kelas kontrol sebesar 0,4812. Sedangkan untuk lembar angket respon siswa diperoleh bahwa, siswa sangat merespon dengan baik penggunaan model pembelajaran probing promting berbantuan media power point yang ditunjukkan dengan 70 % siswa berada pada kategori sangat baik. Analsis pada lembar observasi dilaksanakan pada kelas ekperimen saja dan menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam pelaksanaan pembelajaran baik dari segi guru maupun siswa. Dan analysis data yang terakhir adalah uji hipotesis yang menggunakan uji independent sampel T tes diperoleh hasil bahwa 0,00 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran probing proting berbantuan media power point. Jadi, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran probing promting dapat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi system ekskresi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir kritis, probing promting, media power point | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:35 | ||||||
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:35 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12083 |
Actions (login required)
View Item |