The Demonstration Method in Procedure Text to Enhance Students’ Speaking Skill : A Case Study at One Islamic Junior School in Demak

Tastaftian, Agus Nur (2023) The Demonstration Method in Procedure Text to Enhance Students’ Speaking Skill : A Case Study at One Islamic Junior School in Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (519kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (336kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (619kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (563kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (459kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (953kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (347kB)
[img] Text
09.DFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB)

Abstract

Salah satu keterampilan bahasa Inggris yang harus dikuasai oleh siswa di Salah satu MTs di Demak adalah keterampilan berbicara. Penggunaan metode demonstrasi dianggap penting karena dapat mengasah kemampuan para peserta didik dalam belajar berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi speaking skill pada siswa di Salah satu MTs di Demak, penerapan metode demonstrasi dalam procedure text dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa, dan kedala yang dihadapi para guru dan siswa dalam penerapan metode demonstrasi dalam procedure text untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research), dengan melakukan penelitian pada siswa di Salah satu MTs di Demak. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menjelaskan bagaimana kondisi speaking skill para siswa di Salah satu MTs di Demak, penerapan metode demonstrasi dalam procedure text di Salah satu MTs di Demak serta kendala pada pembelajaran terkait metode demonstrasi dalam procedure text. Penelitian ini termasuk menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi secara langsung terhadap objek, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi speaking skill di Salah satu MTs di Demak adalah kebanyakan siswa belum mampu menyusun kalimat bahasa inggris secara utuh dengan baik dan benar, sehingga ketika berdialog masih kata demi kata. Kemudian penerapan metode demonstrasi dalam procedure text ada beberapa tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan cara 1. guru menjelaskan dahulu seperti apa itu procedure text yang selanjutnya akan diberikan sebuah peragaan langsung yang akan di lihat secara langsung oleh peserta didik, 2. Para murid diberikan sebuah tugas, 3. Hasil tugas di presentasikan di depan kelas, 4. Guru memberikan evaluasi, 5. Guru memberikan nilai. Motode demonstrasi menemui beberapa kendala yang di hadapi, kendala yang di hadapi oleh guru, dan kendala dari siswa. Kendala yang dihadapi oleh guru adalah tidak semua siswa memahami metode demonstrasi, kurangnya akan penguasaan pronounciation, serta siswa terlalu banyak membuang waktu saat berlangsungnya pembelajaran di kelas. Sedangkan kendala dari siswa diantaranya yaitu siswa berbincang dan bercanda dan sebagaian siswa tidak tertarik dengan metode demonstrasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErzad, Azizah MaulinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Speaking Skill, Metode Demonstrasi, Procedure Text
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:32
Last Modified: 26 Sep 2024 03:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12113

Actions (login required)

View Item View Item