Imanah, Nur (2023) Representation of Higher Order Thinking Skills in Reading Comprehension Questions Issued by The Islamic Educational Organization in Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. Cover.pdf Download (634kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (63kB) |
|
Text
3.Daftar Isi.pdf Download (143kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (382kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (599kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (321kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (803kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (134kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (214kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya regulasi dari kurikulum terbaru, yang mana adalah kurikulum Merdeka Belajar, untuk memasukkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengungkap ketersediaan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam proses pembelajaran khususnya bahasa Inggris adalah dengan menganalisis soal-soal yang diujikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis representasi kemampuan berpikir tingkat tinggi yang tersedia dalam soal-soal ujian bahasa Inggris berdasarkan pada Taksonomi Bloom edisi revisi dengan model tiga-dimensi oleh Anderson dan Krathwohl, serta menjelaskan alasan soal-soal tersebut dianggap sebagai soal HOTS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif sebagai desain penelitian. Jenis teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Peneliti menggunakan soal-soal ujian bahasa Inggris untuk senior high school untuk kelas 10, 11, dan 12 yang dikeluarkan oleh organisasi pendidikan keislaman di Jepara tahun 2022/2023 sebagai sumber data, serta menggunakan table checklist dalam menganalisis data untuk menemukan hasil penelitian. Setelah melakukan analisis data, peneliti menemukan bahwa distribusi soal HOTS berdasarkan domain proses kognitif, untuk kelas 10 hanya memperoleh 4 dari 34 soal reading comprehension atau 11,8%. Sedangkan distribusi LOTS memperoleh 88,2%. Untuk kelas 11, distribusi HOTS memperoleh persentase 20% atau hanya 8 dari 40 soal. Sedangkan distribusi LOTS memperoleh sebanyak 80%. Untuk kelas 12, distribusi HOTS memperoleh 12,1% atau hanya 4 dari 33 soal, sedangkan distribusi LOTS memperoleh sebanyak 87,9%. Selain itu, berdasarkan dimensi pengetahuan untuk kelas 10 memperoleh pengetahuan faktual sebanyak 15 soal dan 19 soal pengetahuan konseptual. Untuk kelas 11 memperoleh pengetahuan faktual sebanyak 14 soal dan 26 soal pengetahuan konseptual. Untuk kelas 12 memperoleh pengetahuan faktual sebanyak 20 soal, konseptual sebanyak 12 soal, dan metakognitif hanya memperoleh 1 soal. Hasil menunjukkan bahwa representasi keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam soal ujian bahasa Inggris yang dikeluarkan oleh organisasi pendidikan keislaman di Jepara tahun 2022/2023 memperoleh distribusi lebih rendah daripada keterampilan berpikir tingkat rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa Inggris |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2024 04:16 | ||||||
Last Modified: | 30 Sep 2024 04:16 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12155 |
Actions (login required)
View Item |