Pembelajaran IPS Menggunakan Metode Everyone is a Teacher Here (ETH) untuk Mengembangkan Sikap Percaya Diri Peserta Didik MTs Roudlotul Ulum Jepara

Nisa, Khoirun (2023) Pembelajaran IPS Menggunakan Metode Everyone is a Teacher Here (ETH) untuk Mengembangkan Sikap Percaya Diri Peserta Didik MTs Roudlotul Ulum Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (705kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (319kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (534kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang: (1) pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan metode Everyone is a Teacher Here (ETH) untuk mengembangkan sikap percaya diri peserta didik di MTs Roudlotul Ulum Jepara. (2) hambatan dalam pembelajaran IPS menggunakan metode Everyone is a Teacher Here (ETH) untuk mengembangkan sikap percaya diri peserta didik di MTs Roudlotul Ulum Jepara. (3) Keberhasilan pembelajaran IPS menggunakan metode Everyone is a Teacher Here (ETH) untuk mengembangkan sikap percaya diri peserta didik di MTs Roudlotul Ulum Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara berkolaborasi antara guru mata pelajaran IPS dengan peneliti, dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran IPS menggunakan metode Everyone is a Teacher Here (ETH) untuk mengembangkan sikap percaya diri peserta didik di MTs Roudlotul Ulum Jepara yaitu: (1) pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan metode Everyone is a Teacher Here (ETH) di MTs Roudlotul Ulum Jepara (2) faktor penghambat dalam pembelajaran IPS menggunakan metode Everyone is a Teacher Here (ETH) , diantaranya; metode pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) yang belum familiar dikalangan peserta didik, kemampuan pemahaman materi pembelajaran peserta didik yang berbeda-beda, kurangnya motivasi belajar peserta didik, kurangnya waktu dan pertanyaan yang diajukan peserta didik menyimpang dari konteks materi. (3) keberhasilan pembelajaran IPS menggunakan metode Everyone is a Teacher Here (ETH) di MTs Roudlotul Ulum Jepara mampu mengembangkan sikap percaya diri peserta didik, hal ini dibuktikan dengan berkembangnya sikap percaya diri peserta didik yang selaras dengan indikator pencapaian sikap percaya diri, sikap percaya diri peserta didik berkembang dengan antusias dan aktifnya peserta didik selama kegiatan pembelajaran, banyak peserta didik yang berebut untuk mengajukan diri menjadi guru untuk temannya, mengajukan pertanyaan, mengeksplor pemahaman mereka dan memberikan sanggahan saat pembelajaran berlangsung. Namun dibalik berkembangnya sikap percaya peserta didik masih terdapat beberapa peserta didik yang kurang berkembang sikap percaya diri, hal ini juga dibuktikan dari indikator pengamatan selama pelaksanaan, selama kegiatan proses pembelajaran masih ditemukan beberapa peserta didik yang sebenarnya pintar dan mampu tetapi masih takut dan malu menyampaikan pendapat,pertanyaan, sanggahan maupun saran, selain itu penyampaian intonasi yang terbata-bata dan pelan walaupun jawabanya benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaswari, MisrohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Everyone is a Teacher Here (ETH) ,sikap percaya diri, Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:47
Last Modified: 08 Oct 2024 02:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12239

Actions (login required)

View Item View Item