Ma’rifah, Izzatul (2023) Efektifitas Strategi Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (525kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (151kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (133kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (228kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (237kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (223kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (591kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (138kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya pengurangan jam pelajaran di SMP N 2 Karanganyar yang berakibat pembelajaran di dalam kelas kurang maksimal sehingga kemampuan tersebut cenderung menurun. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu diterapkan strategi pembelajaran yang tepat supaya pembelajaran lebih maksimal sehingga peserta didik paham dengan konsep materi yang dijarkan seperti strategi flipped classroom berbantuan LKPD. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang diajar menggunakan strategi flipped classroom berbantuanLKPD, flipped classroom, dengan strategi konvensional, serta untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang lebih baik antara diajar dengan strategi flipped classroom berbantuan LKPD, strategi flipped classroom, dan strategi konvensional. Jenis penelitian iniadalah quasi eksperimen-kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling dan terpilih 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa essaydan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji one way Anova dan uji t satu pihak kanan..Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka diperoleh simpulan 1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis yang signifikan antara peserta didik yang diajar menggunakan strategi flipped classroom berbantuan LKPD (X ̅=84,3), strategi flipped classroom (X ̅=77,2), dan strategi konvensional (X ̅=72,9), 2) kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar dengan strategi flipped classroom berbantuan LKPD lebih baik daripada strategi flipped classroom, 3) kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar dengan strategi flipped classroom berbantuan LKPD lebih baik daripada strategi konvensional, dan 4) kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar dengan strategi flipped classroom lebih baik dibandingkan strategi konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Flipped Classroom, LKPD, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 04 Nov 2024 09:28 | ||||||
Last Modified: | 04 Nov 2024 09:28 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12460 |
Actions (login required)
View Item |