Fahrudin, Arif (2023) Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Islam Melalui Kerajinan Batik Tulis Di Desa Sedo Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (275kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (206kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (732kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (778kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (519kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (910kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (193kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (542kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat Islam melalui kerajinan batik tulis di Desa Sedo Kecamatan Demak Kabupaten Demak, mengetahui bagaimana pengembangan pemasaran produk batik di Desa Sedo Kecamatan Demak Kabupaten Demak, apa kendala pemberdayaan ekonomi masyarakat Islam melalui kerajinan batik tulis di Desa Sedo Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Fokus dalam penelitian ini ialah (1) strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat Islam melalui kerajinan batik tulis. (2) pengembangan pemasaran produk batik. (3) kendala pemberdayaan ekonomi masyarakat Islam melalui kerajinan batik tulis. penelitian ini merupakan field research dengan jenis kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi dengan mengamati bagaimana cara pembuatan batik tulis, wawancara dengan informan, dan dokumentasi kepada informan agar dapat memperoleh informasi untuk disajikan dalam bentuk naratif. eknik pengumpulan data didapatkan dari proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengambilan sampling informan menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis Deviant Case Sampling. Jumlah informan penelitian ini ada 3 orang, diantaranya yaitu: pengusaha batik, karyawan, serta masyarakat sekitar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi pemberdayaan ekonomi Islam melalui batik kerajinan batik tulis di Desa Sedo Kecamatan Demak Kabupaten Demak menggunakan strategi sebagai berikut: a) pemberdayaan generasi muda dan tua, b) memberikan lapangan pekerjaan, c) memberikan hasanah keilmuan bagi masyarakat yang luas akan batik tulis yang sedang dibuat. (2) Strategi pengembangan pemasaran dilakukan melalui yaitu: a) dari event ke event,. b) menggunakan media social (Facebook dan Instagram), c) menggunakan beberapa e-commerce seperti halnya: Shopee, Tokopedia dan Akulaku. Berdasarkan strategi tersebut mampu memberdayakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Sedo Kecamatan Demak. (3) Kendala pemberdayaan yang dihadapai para pengusaha batik tulis yaitu: minimnya lahan, modal dari pengusaha, pengetahuan masyarakat, lamanya produk terjual, serta gaji yang rendah. Hasil penelitian ini diharapkan mampu sebagai upaya menumbuhkan kesadaran dalam berwirausaha budaya lokal yang dikelola oleh masyarakat Desa Sedo Kecamatan Demak Kabupaten Demak dan mengenalkan budaya ke nasional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemberdayaan, Batik Tulis, Ekonomi Masyarakat | ||||||
Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:46 | ||||||
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:46 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12585 |
Actions (login required)
View Item |