Andre, Muhammad Julio (2023) An Analysis of Implementing Pictures as Media in Teaching Speaking of The Five Pillars of Islam at IPNU IPPNU Tegalsambi, Jepara English Program. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover.pdf Download (693kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (211kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (140kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (331kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (497kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (290kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (783kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (216kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (242kB) |
Abstract
Berbicara merupakan keterampilan yang paling penting saat ini, penguasaan dalam keterampilan ini menggambarkan seorang pembicara yang memiliki pengetahuan yang lebih tepat. Mengintegrasikan gambar dan nilai-nilai Islam dalam mata kuliah speaking dapat menjadi salah satu cara untuk menghadapi era digital. Penelitian ini menganalisis, 1) Implementasi media gambar dalam pengajaran berbicara rukun Islam di IPNU IPPNU Tegalsambi, Jepara, 2) Tantangan yang dihadapi anggota IPNU IPPNU dalam mempraktekkan berbicara rukun Islam dengan menggunakan media gambar pada saat program speaking, 3) Strategi yang digunakan oleh pengajar/tutor dalam mengatasi tantangan anggota pada program berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan media gambar di program bahasa Inggris IPNU IPPNU Tegalsambi, Jepara. Penelitian ini mengambil lokasi di IPNU IPPNU Tegalsambi, Jepara. Partisipan penelitian ini adalah anggota IPNU IPPNU Tegalsambi, Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tiga teknik. Teknik tersebut adalah; observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Untuk memperoleh keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi. Hasil penelitian dari analisis penggunaan gambar dalam program speaking dengan materi rukun Islam, menunjukkan; 1) Implementasi Gambar sebagai Media dalam Pengajaran Speaking Rukun Islam di Ranting IPNU IPPNU Tegalsambi, Jepara Program Bahasa Inggris, guru mempersiapkan perlengkapan, seperti media gambar, sticky notes, lem, dan kertas plano, sebagai penunjang pembelajaran. Guru mengecek hafalan kosakata siswa dan mengulas kembali materi pertemuan sebelumnya. Guru membagi siswa menjadi beberapa pasangan dan memberi mereka soal bergambar untuk didiskusikan. Guru mengevaluasi performa berbicara mereka, mengoreksi pengucapan dan tata bahasa. 2) Kendala yang Dihadapi Anggota IPNU IPPNU dalam Berlatih Berbicara Rukun Islam dengan Menggunakan Media Gambar Pada Saat Program Speaking, adalah; a. Siswa merasa harus mengulang dari nol materi rukun Islam yang sudah didapatkan, Malu berbicara di depan umum, Takut ditertawakan teman, Memiliki logat bahasa Indonesia yang kental, Lingkungan yang kurang mendukung, dan Tidak ada rubrik penilaian. 3) Strategi yang Digunakan Guru/Tutor dalam Mengatasi Kendala Anggota pada Program Berbahasa Inggris Menggunakan Media Gambar di Program Bahasa Inggris IPNU IPPNU Tegalsambi, Jepara, adalah; Memberikan motivasi dan semangat, membangun rasa percaya diri, Mengintegrasikan proses pembelajaran dengan media digital masa kini, menjadi pribadi yang sabar, dan menciptakan lingkungan yang menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar, Lima Rukun Islam, Program Berbicara Bahasa Inggris | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Bahasa > Bahasa Inggris |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Dec 2024 06:20 | ||||||
Last Modified: | 20 Dec 2024 06:20 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12938 |
Actions (login required)
View Item |