An Analysis of Implementing Pictures as Media in Teaching Speaking of The Five Pillars of Islam at IPNU IPPNU Tegalsambi, Jepara English Program

Andre, Muhammad Julio (2023) An Analysis of Implementing Pictures as Media in Teaching Speaking of The Five Pillars of Islam at IPNU IPPNU Tegalsambi, Jepara English Program. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (693kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (211kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (140kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (497kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (290kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (783kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (216kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (242kB)

Abstract

Berbicara merupakan keterampilan yang paling penting saat ini, penguasaan dalam keterampilan ini menggambarkan seorang pembicara yang memiliki pengetahuan yang lebih tepat. Mengintegrasikan gambar dan nilai-nilai Islam dalam mata kuliah speaking dapat menjadi salah satu cara untuk menghadapi era digital. Penelitian ini menganalisis, 1) Implementasi media gambar dalam pengajaran berbicara rukun Islam di IPNU IPPNU Tegalsambi, Jepara, 2) Tantangan yang dihadapi anggota IPNU IPPNU dalam mempraktekkan berbicara rukun Islam dengan menggunakan media gambar pada saat program speaking, 3) Strategi yang digunakan oleh pengajar/tutor dalam mengatasi tantangan anggota pada program berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan media gambar di program bahasa Inggris IPNU IPPNU Tegalsambi, Jepara. Penelitian ini mengambil lokasi di IPNU IPPNU Tegalsambi, Jepara. Partisipan penelitian ini adalah anggota IPNU IPPNU Tegalsambi, Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tiga teknik. Teknik tersebut adalah; observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Untuk memperoleh keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi. Hasil penelitian dari analisis penggunaan gambar dalam program speaking dengan materi rukun Islam, menunjukkan; 1) Implementasi Gambar sebagai Media dalam Pengajaran Speaking Rukun Islam di Ranting IPNU IPPNU Tegalsambi, Jepara Program Bahasa Inggris, guru mempersiapkan perlengkapan, seperti media gambar, sticky notes, lem, dan kertas plano, sebagai penunjang pembelajaran. Guru mengecek hafalan kosakata siswa dan mengulas kembali materi pertemuan sebelumnya. Guru membagi siswa menjadi beberapa pasangan dan memberi mereka soal bergambar untuk didiskusikan. Guru mengevaluasi performa berbicara mereka, mengoreksi pengucapan dan tata bahasa. 2) Kendala yang Dihadapi Anggota IPNU IPPNU dalam Berlatih Berbicara Rukun Islam dengan Menggunakan Media Gambar Pada Saat Program Speaking, adalah; a. Siswa merasa harus mengulang dari nol materi rukun Islam yang sudah didapatkan, Malu berbicara di depan umum, Takut ditertawakan teman, Memiliki logat bahasa Indonesia yang kental, Lingkungan yang kurang mendukung, dan Tidak ada rubrik penilaian. 3) Strategi yang Digunakan Guru/Tutor dalam Mengatasi Kendala Anggota pada Program Berbahasa Inggris Menggunakan Media Gambar di Program Bahasa Inggris IPNU IPPNU Tegalsambi, Jepara, adalah; Memberikan motivasi dan semangat, membangun rasa percaya diri, Mengintegrasikan proses pembelajaran dengan media digital masa kini, menjadi pribadi yang sabar, dan menciptakan lingkungan yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmalia, Taranindya ZulhiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Lima Rukun Islam, Program Berbicara Bahasa Inggris
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Bahasa > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Dec 2024 06:20
Last Modified: 20 Dec 2024 06:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12938

Actions (login required)

View Item View Item