فعالية وسائل كاتب الفيديو لترقية مهارة القراءة لدى طلاب في الصف الثامن بمدرسة زمرة الولدان المتوسطة الإسلامية جفارا للسنة دراسية 2022/2023 م

Emilia, Rika (2023) فعالية وسائل كاتب الفيديو لترقية مهارة القراءة لدى طلاب في الصف الثامن بمدرسة زمرة الولدان المتوسطة الإسلامية جفارا للسنة دراسية 2022/2023 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (559kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (398kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (511kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (710kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (587kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (709kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (389kB)

Abstract

Media videoscribe merupakan media berbentuk video dengan konsep papan tulis yang menggunakan gambar tangan yang seolah-olah sedang menggambar atau menulis di papan tulis. Media ini berupa animasi papan tulis digital yang didalamnya memuat banyak fitur yang menarik diantaranya yaitu gambar, teks, suara, music dan peta konsep yang dapat mempermudah proses belajar mengajar peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media videoscribe untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Zumrotul Wildan Jepara. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan test (pre-test dan post-test). Untuk analisis data, peneliti menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sampel t test dan uji N-Gain Score dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media videoscribe cukup efektiv untuk digunakan dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik, hal ini ditunjukkan dengan hasil output independent sampel t test yang diperoleh nilai 0,00 yang mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun tingkat kefektivannya dapat diketahui melalui uji N-Gain Score yang diperoleh nilai 0,47 yang mana nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang untuk pembelajaran bahasa Arab pada keterampilan membaca kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Zumrotul Wildan Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlfian, Muhammad IvanUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Jan 2025 07:49
Last Modified: 15 Jan 2025 07:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13239

Actions (login required)

View Item View Item