Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Hidayatul Mubtadi’in Mindahan Kidul Batealit Jepara

Alfitrotun, Mei (2023) Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Hidayatul Mubtadi’in Mindahan Kidul Batealit Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (933kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (359kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (533kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (515kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (556kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (267kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (422kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik self management pada siswa kelas VIII SMP Islam Hidayatul Mubtad’in (2) untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik self management pada siswa kelas VIII SMP Islam Hidayatul Mubtad’in (3) untuk mengetahuk keefektivitasan bimbingan kelompok teknik self management untuk meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP Islam Hidayatul Mubtadi’in. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Adapun desain eksperimen dalam penelitian ini adalah Pre Eksperimental Design merupakan desain eksperimen yang menggunakan satu kelompok yaitu kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek terdiri dari 8 siswa pada kelas eksperimen. Pelaksanaan bimbingan kelompok menggunakan teknik self management dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Hidayatul Mubtadi’in Mindahan Kidul Batealit Jepara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument penelitian berupa observasi dan angket kemandirian belajar. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistic parametric sample t-test berbantu SPSS versi 25. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan teknik self management efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Islam Hidayatul Mubtadi’in Mindahan Kidul Batealit Jepara. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai hasil uji Paired Sample T Test diperoleh nilai t sebesar 37.714 dan sig. (2-tailed) 0,000. Hal tersebut menunjukkan jika (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik self management memberikan peningkatan terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Islam Hidayatul Mubtadi’in Mindahan Kidul Batealit Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidhoh, InayatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Self Management, Kemandirian Belajar
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jan 2025 08:54
Last Modified: 17 Jan 2025 08:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13268

Actions (login required)

View Item View Item