فعالية الوسائل التعليمية بطاقة الفرز لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل الثامن بمدرسة المتوسطة الربيعة الزين بلاكمبا بربس للسنة الدراسية ٢٠٢٣/٤٢٠٢

Sahid, Zaka Umar (2023) فعالية الوسائل التعليمية بطاقة الفرز لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل الثامن بمدرسة المتوسطة الربيعة الزين بلاكمبا بربس للسنة الدراسية ٢٠٢٣/٤٢٠٢. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover s.d Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abtsrak.pdf

Download (930kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (814kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (970kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (888kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (846kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Ar-robiah Az-zain pada keterampilan menulis sebelum diberikan perlakuan media pembelajaran card sort (2) hasil belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Ar-robiah Az-zain pada keterampilan menulis sesudah diberikan perlakuan media pembelajaran card sort (3) Efektifitas media pembelajaran card sort terhadap keterampilan menulis siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Ar-robiah Az-zain Bulakamba, Brebes. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian “One group pretest-posttest”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berupa pretest dan posttest. Kemudian dilakukan uji Regresi linier sederhana untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran card sort terhadap keterampilan menulis. Hasil dari uji statistik deskriptif dengan menggunakan SPSS diketahui bahwa nilai rata-rata pretest adalah 71,97 dan nilai rata-rata posttest adalah 91,80. Kemudian hasil dari paired sampel t-test diketahui bahwa nilai sig adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung adalah 29,099 lebih besar dari t tabel yaitu 2,048. sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam penggunaan media card sort terhadap keterampilan menulis. Untuk mengetahui besarnya efektifitas dapat dilihat dari nilai uji N-Gain. Diketahui bahwa nilai N-Gain yaitu 72,90 maka dapat disimpulkan bahwa efektifitas penggunaan media pembelajaran card sort terhadap keterampilan menulis bahasa arab menempati tingkatan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNashir, AminUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran bahasa arab, keterampilan menulis, card sort
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Jan 2025 02:56
Last Modified: 20 Jan 2025 02:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13278

Actions (login required)

View Item View Item