Pengaruh Religiusitas, Persepsi, Dan Corporate Reputation Terhadap Keputusan Masyarakat Desa Gribig Gebog Kudus Dalam Menggunakan Produk Bank Syariah

Jannah, Nishfiyatul (2024) Pengaruh Religiusitas, Persepsi, Dan Corporate Reputation Terhadap Keputusan Masyarakat Desa Gribig Gebog Kudus Dalam Menggunakan Produk Bank Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (438kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (449kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (800kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (792kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (734kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (827kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (560kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (678kB)

Abstract

Penduduk Indonesia mayoritas pemeluk agama Islam, dengan begitu perbankan syariah dapat menjadikannya sebagai kesempatan yang bagus untuk bisa tumbuh dan berkembang. Akan tetapi, sekalipun kenyataannya mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim, bank syariah tampaknya kesulitan untuk menembus keunggulan perbankan konvensional. Hal ini disebabkan, perilaku konsumen dalam memutuskan akan menggunakan produk perbankan dapat berdampak pada perkembangan sektor perbankan, baik bank syariah maupun konvensional. Penelitian ini menganalisis proses keputusan dari tahap pencarian informasi hingga pengambilan keputusan yang dilakukan nasabah dalam menggunakan produk bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, persepsi, dan corporate reputation terhadap keputusan masyarakat menggunakan produk bank syariah di Desa Gribig Gebog Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian Deskriptif Kuantitatif. Penentuan sampel dilakukan metode purposive sampling dengan teknik non probability sampling dengan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden sebanyak 100 responden di Desa Gribig Gebog Kudus. Untuk menganalisis menggunakan bantuan program olah data IBM SPSS Statistics versi 26.0. Metode analisis data menggunakan uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji regresi linear berganda, dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh religiusitas terhadap keputusan masyarakat Desa Gribig Gebog Kudus menggunakan produk bank syariah karena t hitung > t tabel yaitu 2,691 > 1,984 dan nilai sig. < 0,05 yaitu 0,008 < 0,05. Sedangkan persepsi secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan masyarakat Desa Gribig Gebog Kudus menggunakan produk bank syariah karena t hitung < t tabel yaitu 0,350 < 1,984 dan nilai sig. > 0,05 yaitu 0,727 > 0,05. Kemudian, corporate reputation secara parsial terdapat pengaruh terhadap keputusan masyarakat Desa Gribig Gebog Kudus menggunakan produk bank syariah karena t hitung > t tabel yaitu 8,336 > 1,984 dan nilai sig. < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Pada uji simultan, hasil menunjukkan nilai F hitung > F tabel yaitu 45,22 > 3,09, artinya secara simultan variabel religiusitas, persepsi, dan corporate reputation berpengaruh terhadap keputusan masyarakat Desa Gribig Gebog menggunakan produk bank syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRumanto, AgepUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Persepsi, Corporate Reputation, Keputusan Masyarakat
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Bank, Perbankan
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Laporan Keuangan
Bisnis > Laporan Keuangan

Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Organisasi dan Keuangan > Manajemen Keuangan Perusahaan
Bisnis > Manajemen > Organisasi dan Keuangan > Manajemen Keuangan Perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:42
Last Modified: 02 Jul 2025 04:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14549

Actions (login required)

View Item View Item