Noviana, Laila (2024) Desain Bahan Ajar E-Modul Aritmatika Sosial Berbasis Edupreneurship. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis Reseach and Development (RnD) dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi pada tahap uji coba pengembangan menggunakan uji coba lapangan skala kecil dan skala besar. Model ini terdiri dari empat tahapan yakni Define (Pendefinisian) , Design (Merancang)), Development (Pengembangan), dan Disseminaiton (Penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket validasi ahli materi, ahli bahan ajar, dan ahli edupreneurship, dan angket respond peserta didik. Kelayakan media ini didapatkan berdasarkan masukan dan komentar dari ahli materi, ahli bahan ajar, dan ahli edupreneurship hingga memperoleh kategori layak kemudian diujicobakan skala kecil yaitu sebanyak 6 Peserta didik yang terdiri dari 3 laki-laki kelas VII A dan 3 laki-laki VII B dan skala besar yaitu sebanyak 25 Peserta didik yang terdiri dari 25 laki-laki kelas VII A pada SMP Tahfidz Duta Aswaja Kudus. Hasil pengembangan diperoleh yaitu -modul aritmatika sosial berbasis edupreneurship. Hasil penelitian diperoleh dari validasi nilai rata-rata ahli materi sebesar 4,02, ahli bahan ajar sebesar 4,25, dan ahli edupreneurship sebesar 4,65 menghasilkan rata-rata keseluruhan sebesar 4,31 dan respond peserta didik melalui uji coba pengembangan di SMP Tahfidz Duta Aswaja Kudus sebanyak 6 peserta didik kelas VII A dan VII B pada skala kecil 100% dan 25 Peserta didik kelas VII A dengan skor 93% pada skala besar. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa e-modul aritmatika sosial berbasis edupreneurship dalam kategori “Sangat Layak” maka efektif dipergunakan sebagai bahan ajar matematika serta menumbuhkan dan meningkatkan edupreneurship pada materi aritmatika sosial di SMP Tahfidz Duta Aswaja Kudus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Edupreneurship, Aritmatika Sosial, E-Modul | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Modul Pembelajaran Sains, Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:53 | ||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:53 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14601 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |