Na’im, Achmad Ali (2020) Tatbiq toriqoh atta’lim wa ta’lim assyayaqi litarqiat maharoh alkalam fii alfasl al tsamin bimadrasati almutawasithat al'iislamiat Assalam Bangilan Tuban al’am ad dirasi 2019-2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. abstrak.pdf Download (570kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB 5.pdf Download (999kB) |
|
Text
9. DAFTARPUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Metode pembelajaran adalah salah satu hal penting dalam dunia pendidikan. Ada banyak metode yang digunakan guru, terkadang efektif tetapi terkadang tidak efektif. Dalam belajar bahasa Arab, pilihan gaya belajar adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa, dan ada empat, yaitu: membaca, menulis, mendengar dan berbicara. Berbahasa Arab adalah keterampilan yang sangat sulit. Guru diharapkan lebih kreatif sehingga keterampilan berbicara siswa dapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini (1) adalah untuk mengetahui Penerapan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajarn bahasa Arab di MTs Assalam Bangilan Tuban, (2) Mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajarn bahasa Arab di MTs Assalam Bangilan Tuban, (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajarn bahasa Arab di MTs Assalam Bangilan Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumen. Teknik analisis data meliputi batasan data, penyajian data, dan ekstraksi gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pengajaran dan pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran bahasa Arab adalah implementasi dari pembelajaran yang terjadi dalam proses pengembangan materi bahasa Arab dengan keterampilan bahasa (keterampilan berbicara) yang diberikan guru kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Contextual Tteaching and Learning pada mata pelajaran bahasa Arab merupakan pelaksanaan dari pembelajaran yang terjadi dalam proses kontextualisasi materi bahasa Arab dengan kemampuan berbahasa (maharoh kalam) yang disampaikan oleh guru kepada peserta didik. Hasil yang diperoleeh adalah pengetahuan dan pemahaman siswa tentang maharoh kalam. Factor pendukung dan factor penghambat dalam proses pembelajaran Contextual Tteaching and Learning pada mata pelajaran bahasa Arab adalah sebagai berikut, factor pendukung: 1). Adanya buku cetakan LKS (Lembar Kerja Siswa), LCD/Proyector, 2). Peran guru ketika menyampaikan materi pelajaran bahsa Arab disertai dengan humor dan metodee yang tidak membosankan, 3). Respon para siswa yang aktif berperan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Kemudian factor penghambat yaitu: 1). Susahnya mengondisiskan kelas ketika banyaknya argument yang disampaikan oleh siswa, 2). Kurang fokusnya belajar jika kondisi pembelajaran pada jam siang dikarenakan siswa sudah capek sehingga mudah bosan. Tujuan digunakannya metode Contextual Tteaching and Learning adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Arab khusunya dalam kemapuan berbicara
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode, Contextual Teaching and Learning, keterampilan berbicara |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Jun 2021 03:52 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 03:52 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4520 |
Actions (login required)
View Item |