Mubarriah, Nurul (2020) Istirotijiyah Ta'lim Al-Lughoh Al-Arabiyah Fi Wikhdatil Ansyithotit Tholabiyah Nadwah Al-Lughoh Al-Arabiyah Bijamiah Al-Anwar Al-Islamiyah Sarang Rembang As-Sanah Ad-Dirosyiah 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. cover-kata pengantar.pdf Download (757kB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (859kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (539kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (581kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (764kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (430kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (819kB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (320kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (511kB) |
Abstract
Bahasa Arab di lingkungan lembaga islaman di Indonesia merupakan bahasa pertama dan utama. Bahasa Arab Mendapatkan porsi yang cukup besar, akan tetapi keluhan dan keprihatinan terhadap lemahnya penguasaan bahasa Arab masih terlalu sering di dengar. Keprihatinan inilah yang mendorong dilakukannya upaya-upaya pembaharuan dan pengembangan pembelajaran. Upaya pengembangan mutu pembelajaran bahasa Arab tidak lepas dari peranan strategis pengajar dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penyusunan skripsi ini ialah untuk mengetahui (1) strategi pembelajaran bahasa Arab di Unit Kegiatan Mahasiswa, dan untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi pembelajaran bahasa Arab yang ada di Unit Kegiatan Mahasiswa Nadwah, (2)Untuk mengetahui Problematika pembelajaran Bahasa Arab di UKM Nadwah, (3) untuk Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat di UKM Nadwah. Penelitian ini termasuk dalam (1) jenis penelitian kualitatif. (2) Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentas. (3)Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu deskripsi dan analisis hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran bahasa Arab di Unit Kegiatan Mahasiswa yaitu berdasarkan kelas yang ada di Unit Kegiatan Mahasiswa Nadwah. Adapun Strategi pembelajaran bahasa arab, (1) kelas I’dad yaitu menggunaan strategi pembelajaran Mufrodat, (2)strategi pembelajaran di kelas Mubtadi’ pada pembelajaran Istima’ menggunakan strategi mengungkapkan kembali, (3)strategi pembelajaran bahasa arab di kelas Mutawasith pada pembelajaran Qiro’ah menggunakan strategi analisis, (4)strategi pembelajaran bahasa arab di kelas ali, pada pembelajaran berbicara, yang menggunakan strategi langsung. Problematika dalam penerapan strategi pembelajaran bahasa arab di UKM nadwah Allughoh al`arabiyah al awar sarang rembang diantaranya yaitu pengajar, kurangnya waktu, kemudian sarana yaitu berupa kelas prasarana, berupa salon, hafalan kosa kata bahasa arab susunan kalimat terkait nahwu shorof. Faktor pendukung dalam penerapan strategi pembelajaran bahrasa Arab di Unit Kegiatan Mahasiswa Nadwah Al-Lughoh Al-Arabiyah STAI Al-Anwar Sarang yaitu siswa dan materi. Adapun faktor penghambat dalam dalam penerapan strategi pembelajaran bahrasa Arab di Unit Kegiatan Mahasiswa Nadwah Al-Lughoh Al-Arabiyah STAI Al-Anwar Sarang yaitu sarana prasarana berupa kelas dan salon, kurangnya alokasi waktu pembelajaran, kemudian lingkungan. Adapun solusi dari faktor penghambat strategi pembelajaran bahasa Arab di Unit Kegiatan Mahasiswa yaitu sebagai berikut: Pengajar solusinya yaitu digantikan oleh pengajar lain, kelas solusinya yaitu dipindahkan di ruangan pondok, Salon solusinya yaitu diganti dengan suara sendiri, lingkungan kampus diganti ke kelas Nadwah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Pembelajaran; Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Jul 2021 08:14 |
Last Modified: | 05 Jul 2021 08:14 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4713 |
Actions (login required)
View Item |