Nihayah, Siti Khoirun (2020) Muqoronah istikhdam qomus al jaib al mushowwar litarqiyah maharah al kitabah fii maddah al lughoh al 'arabiyyah fii al fashl as sabi' bi al madrosah Hasyim asy'ari 2 al mutawasithoh al islamiyyah nahdhotul ulama' biqudus sanah 2020/2021M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (751kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (390kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (6MB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (6MB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (689kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (951kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui penggunaan Kamus Saku Bergambar untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab pada kelas control, (2) Mengetahui penggunaan Kamus Saku Bergambar untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab pada kelas eksperimen, (3) Mengetahui ada tidaknya perbandingan penggunaan Kamus Saku Bergambar terhadap peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab antara kelas control dan kelas eksperimen pada siswa kelas VII MTs NU Hasyim Asy’ari. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan mendekatan pendekatan kuantitatif. Untuk menghasilkan penjelasan tentang perbandingan penggunaan kamus sau bergambar untuk meningkatkan keterampilan menulis. Penelitian ini menggunakan metode tes, dokumentasi, wawancara dan observasi yang diujikan pada responden dengan sampel sebanyak 40 peserta didik dengan teknik purposive sampling. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji normalitas, homogenitas kemudian uji statistik menggunakan uji komparatif dua sampel. Adapun hasil penelitian ini: adanya perbedaan Penggunaan Kamus Saku Bergambar terhadap peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab di kelas control dibandingkan kelas eksperimen pada siswa kelas VII di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Hal ini diperkuat dengan hasil perhitungan uji koefisien dari kelas control adalah nilai rata-rata sebelumnya 44,2 dan nilai rata-rata setelahnya 60 dan diperoleh nilai t hitung sebesar 7,607 dibandingkan t tabel untuk taraf signifikansi 5% dengan nilai 2,09 t hitung>t tabel (7,607 >2,09 ). Dan hasil perhitungan uji koefisien dari kelas eksperimen adalah nilai rata-rata sebelumnya 48,7 dan nilai rata-rata setelahnya 72 dan diperoleh nilai t hitung sebesar 8,368 dibandingkan t tabel untuk taraf signifikansi 5% dengan nilai 2,09 t hitung>t tabel (8,368 >2,09 ). Ini menunjukkan bahwa t hitung lebih besar daripada t table. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima dimana ada perbedaan antara kelas control dan kelas eksperimen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kamus Saku Bergambar,Keterampilan Menulis |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 02:49 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 02:49 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4952 |
Actions (login required)
View Item |