Karim, Abdul (2021) Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Rembang Pada Masa Pandemi Covid-19. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (975kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (675kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (923kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (879kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (733kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB) |
Abstract
Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Rembang Pada Masa Pandemi Covid-19yang akan dipilih adalah CIPP Evaluation Model dan tujuan evaluasi ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penilaian autentik Pendidikan Agama Islam yang meliputi mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Rembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis pendekatan penelitian evaluatif. Data primer bersumber dari informan dan data langsung yang ditemui di lapangan, sedangkan data sekunder bersumber dari literatur-literatur yang berada di perpustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa:(1) Pelaksanaan penilaian autentik Pendidikan Agama Islam yang mencakup mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, Akidah Akidah, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Rembang di Masa Pandemi Covid-19 berjalan dengan baik dan sesuai Petunjuk Teknis Penilain Hasil belajar Pada Madrasah Tsanawiyah dan rujukan pendukung. (2) Ditinjau dari aspek hasil belajar yang dinilai sudah mencakup tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Dari segi teknik penilaian yang digunakan sudah dipersiapkan penilaian mulai dari menyusun program tahunan, program semester, silabus dan RPP serta penilaian dilakukan dengan cara tes dan non tes. Dalam aspek perangkat penilaian kisi-kisi dan soal sudah lengkap, namun tidak dilengkapi kunci jawaban dan pedoman penskoran. Dalam aspek proses penilaian, dalam penilaian afektif menggunakan cara observasi, penialaian diri, penilaian antar teman dan jurnal. Sedangkan dalam penilaian kognitif menggunakan cara tes tulis, tes lisan dan penugasan, dan dalam penilaian psikomotorik menggunakan cara penilaian kinerja, dan portofolio. Dalam aspek laporan hasil penilaian sudah diterima oleh orang tua/wali peserta didik dan juga dimanfaatkan guru sebagai umpan balik dalam mengevaluasi pembelajaran di masa pandemi covid-19. (3) Dalam melaksanakan penilaian di masa pandemi covid-19, banyak mengalami kendala terutama dari sarana dan prasarana terutama jangkauan sinyal sehingga dibutuhkan penyediaan kuota baik untuk guru mauapun peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Penilaian Autentik, Pendidikan Agama Islam, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 03:10 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 03:10 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5315 |
Actions (login required)
View Item |