THOHIR, MOH ABDULLAH (2021) Manajemen Pondok Pesantren Dalam Mengembangkan Mutu Pembelajaran Dengan Pendekatan Takhassus Di Pondok Pesantren An Nur Al Islami Kauman Jekulo Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (352kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (498kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (634kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (383kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (568kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (338kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (347kB) |
Abstract
Tujuan penelitian dalam tesis ini adalah 1. Untuk mengetahui manajemen pengasuh pondok pesantren An Nur al Islami Kauman Jekulo Kudus. 2. Untuk mengetahui system manajemen pengasuh pondok pesantren dalam meningkatkan mutu kualitas pengurus dengan menggunakan metode Takhassus di Pondok Pesantren An Nur al Islami Kauman Jekulo Kudus. 3. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi manajemen pengasuh pondok pesantren dalam meningkatkan mutu kualitas dengan menggunakan metode Takhassus di Pondok Pesantren An Nur al Islami Kauman Jekulo Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach) dan termasuk penelitian studi kasus yang menggunakan pendekatan kualitatif, maka hasil penelitian akan bersifat analisis-deskriptif. Teknik pengumpulan data dan pencarian informasi dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Kemudian dilakukan reduksi data, penyajikan data, dan penarikan kesimpulan sebagai tahap akhir sebagai hasil dari teknik analisis data penelitian. Hasil penelitian ini menujukan bahwa: 1. Manajemen pondok pesantren an nur al islami kauman jekulo kudus telah menjalankan tugasnya sebagai pemimpin meliputi 4 unsur manajemen, yaitu planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pelaksanaan), dan controlling (pengawasan), dari ke empat unsur manajemen masih terdapat Kendala-kendala yang sedang dijalankan. 2. Adapun system yang dipakai oleh pondok pesantren an Nur al Islami Kauman Jekulo Kudus adalah perencanaan Pendidikan, dimana perencanaan Pendidikan ini mengatur kurikulum pondok pesantren. Kemudian pelaksanaan pembelajaran merupakan hasil dari perencanaan yang telah dibuat oleh pengasuh dan pengurus pondok pesantren. Selanjutnya evaluasi pembelajaran, evaluasi pembelajaran ini digunakan untuk mengetahui hasil proses pelaksanaan pemebelajaran. 3. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penerapan manajemen pondok pesantren yang dilakukan oleh pengasuh dan pengurus pondok pesantren an Nur al Islami ini, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat bagi jalanya manajemen yang dilakukan. Faktor pendukung terdiri dari sumber daya manusia, sarana, peraturan, partisipasi atau peran masyarakat sekitar untuk mendukung meningkatkanya kualitas pembelajaran mnggungakan metode takhassus di pondok pesantren an nur al islami kauman jekulo kudus. Faktor penghambat dalam meningkatkan mutu kualitas pembelajaran yaitu penyediaan buku-buku (materi ajar) dan alat belajar lainnya, penyediaan sarana pendidikan, pelatihan guru dan tenaga kependidikan lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pondok Pesantren, Pengembangan Mutu |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 02:03 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 02:03 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5825 |
Actions (login required)
View Item |