Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader, Manager Dan Educator Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di MI Muhammadiyah Bae Kudus

Ahmad, Hilmi (2021) Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader, Manager Dan Educator Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di MI Muhammadiyah Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (509kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (341kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)

Abstract

Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu kepala madrasah, Guru, peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku kepustakaan, dan data dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data diantaranya melalui observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi yang terkait terhadap instansi pendidikan yang ada di MI Muhammadiyah Bae Kudus. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Implementasi Kepala Madrasah Sebagai Leader, Manager Dan Educator Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di MI Muhammadiyah Bae Kudus, Peran Kepala Sekolah sebagai Leader: Memiliki kepribadian baik, Mengembangkan visi, misi dan tujuan, Kemampuan mengambil keputusan, Kemampuan berkomunikasi, Mengetahui karakteristik tenaga pendidik dan peserta didik. Peran sebagai Manajer: Membuat Planning, Organizing, Actuating dan Controlling secara matang, bekerjasama dengan tenaga pendidik, Mendayagunakan sumber daya sekolah, Mampu menghadapi berbagai persoalan, Memberikan masukan dan saran dalam memecahkan masalah, Mengikut sertakan pendidik ke dalam workshop, seminar dan diklat, mengoptimalisasi ruang pendidik sebagai tempat sharing. Peran sebagai educator: memberikan masukan dan nasehat kepada guru, Menciptakan suasana kerja yang kondusif dan nyaman, Menggunakan strategi dan model pembelajaran yang menarik. 2) Strategi Kepala Madrasah Sebagai Leader, Manager Dan Educator Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di MI Muhammadiyah Bae Kudus: Pembinaan kedisiplinan dan pengawasan, Pemberian pelatihan-pelatihan, Memberikan tugas sesuai dengan kompetensinya, Memberikan motivasi, Melakukan komunikasi dengan baik. 3) Hambatan Kepala Madrasah Sebagai Leader, Manager Dan Educator Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di MI Muhammadiyah Bae Kudus: Sarana Prasana dan Fasilitas Terbatas, Komitmen Guru Kurang Baik, Kurangnya Penguasaan Materi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Madrasah, Leader Manajer Educator, Guru
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:29
Last Modified: 07 Jan 2022 07:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6352

Actions (login required)

View Item View Item