Huda, Mohammad Miftakhul (2021) Dauru Mu'allimi Al-Lughoh Al Arobiyyah FII Istihdaami Google Meet Fii at-ta'liim Albrol Internet Bila Madrosah Al Mutawassithoh Al Islamiyyah Al hukumiyyah Ar Roobi'ah Rembanji lissanati ad dirosiyyah alfaini WA ihda isriina Aw alfayni wa sanataini isriina miladiyyan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
Cover - Kata Pengantar.pdf Download (740kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (443kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (356kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (596kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (619kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (530kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (834kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (389kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (464kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa arab daring, peran guru Bahasa Arab dalam menggunakan Google Meetdalam pembelajaran daring di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Rembang, Faktor penghambat dan cara menyelesaikan hambatan guru Bahasa Arab dalam menggunakan Google Meetdalam pembelajaran daring di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Rembang Tahun Pelajaran 2021/2022 M. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Penelitian ini juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk melaksanakan validasi data، peneliti menggunakan teknik triangulasi data dan sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab daring di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Rembang mengacu pada kurikulum darurat. Dalam pembelajaran Bahasa Arab daring ada tiga kegiatan. Kegiatan pertama adalah guru menginstruksikan siswa untuk masuk ke Google Meet, kemudian guru mulai membuka pengajaran dan memotivasi siswa. Kemudian kegiatan dasar, guru menjelaskan materi pendidikan, dan kegiatan terakhir guru menanggapi jawaban dari pertanyaan siswa atau lainnya, guru memberikan penilaian di setiap akhir pelajaran, kemudian guru kembali untuk memotivasi para siswa. 2) Peran guru Bahasa Arab dalam penggunaan “Google Meet” dalam pembelajaran daring ada 4 peran yaitu peran guru sebagai demonstrator, sebagai pengelola kelas, sebagai mediator dan fasilitator, sebagai evaluator. Dan dari ke 4 peran tersebut, guru Bahasa Arab mampu melaksanakan dengan baik. 3) Faktor penghambat Guru Bahasa Arab dalam Menggunakan Google Meet dalam Pembelajaran daring yaitu kurangnya pengalaman pembelajaran daring bagi seorang guru, kebiasaan pendidikan guru yang lama sangat kuat, kurangnya guru yang melakukan studi banding ke madrasah lain. Faktor bisa jadi kendala baru-baru ini dari guru atau siswa, yaitu sinyal yang buruk atau kurangnya kuota internet. Inilah faktor penghambat utama dari sekian banyak faktor kendala yang disebutkan. Adapun cara mengatasi kendala guru bahasa Arab menggunakan “Google Meet” dalam pembelajaran daring yaitu dengan menambah wawasan tentang pembelajaran daring. Sekolah telah memfasilitasi dana untuk guru, menyiapkan dan menyediakan aplikasi e-learning kuota rendah, dan wifi. tetapi selama masa pembatasan, guru mengajar di rumah dengan perangkat mereka sendiri. Penguatan semangat atau esensi guru dengan mengikuti pelatihan guru sebelum melaksanakan pembelajaran daring
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru، Google Meet، Pembelajaran Daring |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 02:48 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 02:48 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6562 |
Actions (login required)
View Item |