Dzakiroh, Yuli Silvia (2022) Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kepekaan Lingkungan Anak Usia Dini Kelas B RA An-Nur Pancur Mayong Jepara Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (648kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (353kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (279kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (655kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (824kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (465kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (189kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (457kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak dalam menjawab pertanyaan yang diberikan peneliti tentang cara menjaga lingkungan sekitar. Dalam kesempatan ini, beberapa anak bahkan tidak mengerti cara menjaga lingkungan sekitar. Hal ini dapat terlihat dari total jumlah 21 anak secara kesluruhan, terdapat 18 anak yang kurang mampu dalam memberikan jawaban tentang pertanyaan sederhana yang diberikan peneliti. Dan hanya terdapat 3 anak yang mampu menjawab serta memperhatikan guru dari awal hingga akhir. Maka dari itu, tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap Kepekaan Lingkungan anak usia dini kelas B RA An-Nur Pancur Mayong Jepara. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penilitian Kuantitatif menggunakan desain penelitian Pre Eksperimental dengan jenis One Group Pretest Postest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas B RA An-Nur Pancur Mayong Jepara yang terdiri dari 21 siswa. Jenis penelitian kuantitatif ini menggunakan One Group Pretest Postest Design memiliki 3 tahapan, yaitu pre test, pemberian perlakuan (treatment), dan post test. Pengumpulan data yang digunakan yaitu: metode tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah adanya pengaruh atau dampak positif atas penggunaan metode bercerita terhadap Kepekaan Lingkungan anak kelas B RA An-Nur Pancur Mayong Jepara. Hal ini dibuktikan dari hasil data pre-test dan post-test yang didapat menggunakan Mann-Whitney Test dengan menggunakan SPSS 26 yang menunjukkan Zhitung -4.021 dan sig ,000. Apabila nilai sig. Statistik Mann-Whitney Test < alpha (0,05) atau |Zhitung |> |Ztabel (1,96)|, maka Ho ditolak. Diperoleh nilai sig = 0,000 < alpha (0,05). Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Bercerita, Kepekaan Lingkungan, Anak Usia Dini | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 02:49 | ||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 02:49 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9107 |
Actions (login required)
View Item |