إبداع المعلم في تعليم اللغة العربية لتحسين مهارة الكتابة في المدرسة المتوسطة الإسلامية زائد البنجر تنجوعان بلورا

Ubaidillah, Labib Rifqi (2023) إبداع المعلم في تعليم اللغة العربية لتحسين مهارة الكتابة في المدرسة المتوسطة الإسلامية زائد البنجر تنجوعان بلورا. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (861kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (413kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (577kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (617kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (852kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (472kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (759kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (452kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (559kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru bahasa arab dalam meningkatkan keterampilan menulis, dan mengetahui kendala serta upaya dalam kreativitas guru bahasa arab dalam meningkatkan keterampilan menulis peserta didik SMP Islam Plus Al-Banjari Tunjungan Blora. Pendekatakn penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan), yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, dan penarika kesimpulan, sedangkan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Kreativitas guru bahasa arab dalam meningkatkan keterampilan menulis di SMP Islam Plus Al-Banjari Tunjungan Blora tidak hanya terpaku pada penjelasan materi namun terdapat kegiatan lain yang lebih menarik dan membuat siswa lebih termotivasi untuk lebih giat dalam belajar terutama dalam keterampilan menulis. Kegiatan yang dilakukan oleh guru Bahasa arab di SMP IP Al-Banjari dalam menunjang pembelajaran yaitu dengan menggunakan beberapa metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode latihan. Penggunaan metode pembelajaran juga didukung dengan adanya media atau bahan ajar, diantaranya yaitu media kita atau modul, media permainan, dan video. Kegiatan pembelajaran bahasa arab di SMP Islam Plus Al-Banjari Tunjungan Blora dilakukan dengan menghafal mufrodat, selain metode menghafal mufrodat siswa diminta untuk menulis ulang di buku tulis sampai apa yang ditulis itu benar. Sedangkan kendala dari guru bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan menulis terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal peserta didik yang dapat menghambat pelaksanaan kreativitas guru dalam meningkatkan keterampilan menulis. Oleh sebab itu perlu adanya upaya yang harus dilakukan guru yaitu guru meminta siswa untuk menulis setidaknya tiga nadhom sebelum masuk pembelajaran meskipun siswa memiliki kitab yang terdapat artinya ketika guru meminta untuk menulisnya kembali di buku tulis maka siswa harus menulisnya. Hal ini bertujuan agar siswa dapat menulis arab dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, UmmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Pembelajaran Bahasa Arab, Keterampilan Menulis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 May 2023 07:35
Last Modified: 17 May 2023 07:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10020

Actions (login required)

View Item View Item