فطرة الحسنة، 2022، تطبيق طريقة الغناء في ترقية مفردات اللغة العربية لطلاب الفصل العاشر في المدرسة العالية الحكومية الواحدة بقدس في السنة الدراسية 2021/2022

Khasanah, Fitrotul (2023) فطرة الحسنة، 2022، تطبيق طريقة الغناء في ترقية مفردات اللغة العربية لطلاب الفصل العاشر في المدرسة العالية الحكومية الواحدة بقدس في السنة الدراسية 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (873kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (731kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (974kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab siswa khususnya kelas X di MAN 1 Kudus. Kosakata merupakan salah satu hal utama yang harus dikuasai siswa ketika belajar sebuah bahasa. Sehingga guru harus mampu menerapkan metode pembelajaran yang menarik untuk dapat meningkatkan penguasaan kosakata yang dimiliki siswa salah satunya yaitu metode bernyanyi. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui langkah-langkah penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab. 2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab siswa kelas X di MAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022 M. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode untuk mengetahui fakta dan menganalisis data yang ada. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan validasi datanya dilakukan melalui teknik memperpanjang observasi, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi data, dengan menggunakan metode analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab dapat diterapkan dengan baik dan efektif dalam proses pembelajaran. Penerapan metode ini diawali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan diakhiri dengan evaluasi. 2) Kelebihan penerapan metode bernyanyi ini yaitu dapat membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab dengan tanpa menghafal, meningkatkan semangat belajar siswa, menambah sumber belajar bagi guru dan siswa, membantu guru dalam mengembangkan pendidikan karakter, membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara lisan maupun tulisan, membantu guru dalam menguasai kelas, meningkatkan hasil belajar siswa, lirik lagu dapat digunakan secara berulang dikelas yang berbeda dengan materi dan tingkatan yang sama, sedangkan kekurangannya yaitu membutuhkan banyak waktu, menjadikan pengetahuan bersifat teoritis, tidak cocok digunakan dikelas yang besar dengan jumlah siswa banyak karena dapat mengganggu ketenangan kelas lain, kurang efektif diterapkan bagi siswa yang pendiam dan tidak suka bernyanyi. 3) Faktor pendukungnya yaitu sikap mental dan kemampuan guru dalam memilih serta menerapkan metode pembelajaran, kemampuan dan bakat yang dimiliki oleh guru dan siswa, media pembelajaran yang memadai, kelengkapan kepustakaan, sarana dan fasilitas sekolah yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, sedangkan faktor penghambatnya yaitu guru harus meluangkan waktunya untuk menyiapkan penerapan metode bernyanyi dengan baik, guru harus mengikuti perkembangan jenis lagu yang disukai siswa, guru harus memiliki kemampuan untuk mengaransemen nada dan memilih kosakata yang dijadikan sebagai lirik lagu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIhsan, IhsanUNSPECIFIED
Thesis advisorAnnas, AzwarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode Bernyanyi, Kosakata Bahasa Arab.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2023 06:46
Last Modified: 19 May 2023 06:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10026

Actions (login required)

View Item View Item